Obat-obatan memiliki permintaan inelastis, sedangkan mobil memiliki permintaan elastik.

Berikut ini adalah pertanyaan dari jeon0863 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Obat-obatan memiliki permintaan inelastis, sedangkan mobil memiliki permintaan elastik. Misalnya perkembangan teknologi meningkatkan penawaran kedua produk itu sebanyak dua kali lipat (jumlah penawaran pada berbagai tingkat harga dua kali jumlah sebelumnya).a. Apa yang terjadi dengan harga dan jumlah keseimbangan di masing-masing pasar?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Jika penawaran obat-obatan meningkat sebanyak dua kali lipat, maka jumlah penawaran pada setiap tingkat harga akan meningkat dua kali lipat juga. Namun, karena permintaan obat-obatan inelastis, maka pertambahan penawaran tersebut tidak akan berpengaruh signifikan terhadap harga obat-obatan. Hal ini dikarenakan harga obat-obatan tidak akan berubah secara drastis meskipun terjadi perubahan dalam jumlah penawaran. Jadi, harga keseimbangan obat-obatan tidak akan terpengaruh oleh perubahan penawaran tersebut.

Sedangkan pada pasar mobil, permintaan mobil elastik, sehingga harga mobil akan terpengaruh oleh perubahan dalam jumlah penawaran. Jika penawaran mobil meningkat sebanyak dua kali lipat, maka harga mobil akan turun seiring dengan meningkatnya penawaran. Hal ini dikarenakan dengan meningkatnya penawaran, produsen mobil akan lebih bersedia untuk menurunkan harga mobil agar dapat terjual lebih banyak. Dengan demikian, harga keseimbangan mobil akan turun seiring dengan meningkatnya penawaran.

Jumlah keseimbangan di kedua pasar akan meningkat, yaitu jumlah obat-obatan yang terjual akan meningkat seiring dengan meningkatnya penawaran, sementara jumlah mobil yang terjual akan meningkat karena harga mobil turun seiring dengan meningkatnya penawaran.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dewawidia5 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 04 Apr 23