Jelaskan mengapa setiap terjadi APBN gagal kenapa solusinya harus potong

Berikut ini adalah pertanyaan dari imranasnawi4887 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan mengapa setiap terjadi APBN gagal kenapa solusinya harus potong sana sini, apa tidak ada solusi lain yang lebih bagus?​.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) adalah dokumen yang menjelaskan rencana pengeluaran dan pemasukan negara dalam satu tahun anggaran. Jika terjadi APBN gagal, artinya rencana pengeluaran dan pemasukan negara tidak sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti kenaikan harga barang yang tidak terprediksi, penurunan pemasukan negara, atau adanya bencana alam yang membebani pengeluaran negara.

Untuk menyelesaikan masalah APBN yang gagal, salah satu solusi yang sering dilakukan adalah dengan memotong pengeluaran di beberapa sektor. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pengeluaran negara tetap sesuai dengan anggaran yang tersedia, sehingga tidak terjadi defisit. Namun, ada juga solusi lain yang dapat dilakukan, seperti mengoptimalkan pemasukan negara dengan cara meningkatkan ekonomi, mengurangi pengeluaran tidak produktif, atau mencari sumber-sumber pemasukan baru.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ritmon1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 03 Apr 23