Jelaskan perbedaan antara konsumen rasional dan konsumen irrasional dalam rangka

Berikut ini adalah pertanyaan dari cristiansyda pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan perbedaan antara konsumen rasional dan konsumen irrasional dalam rangka pemenuhan want dan need!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Ketika ingin memenuhi wants and needs, konsumen rasional akan fokus untuk memaksimalkan keuntungan mereka. Mereka akan memilih opsi yang akan memberikan utilitas/kepuasan yang paling besar. Keputusan dilakukan didasari oleh fakta dan informasi yang tersedia di pasar.

Sebagai contoh, konsumen dihadapkan oleh 2 pilihan antara motor A yg lebih mahal atau motor B yg lebih murah. Karena motor tsb identical, konsumen rasional akan memilih motor B karena memberikan value lebih tinggi given its price.

Sedangkan Irrational Consumer mengacu pada situasi di mana perilaku konsumen yang sebenarnya tidak sesuai dengan pendekatan rasional dalam pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan yg dilakukan didasari dari asumsi irasional, tidak didasari fakta. Sehingga pemenuhan wants and needs tidak terpenuhi scr optimal karena keputusan yang diambil tidak memberikan utilitas/kepuasan yang paling besar (ketika Indifference Curve menyinggung Budget Line/Constraint).

Penjelasan:

Jawaban:Ketika ingin memenuhi wants and needs, konsumen rasional akan fokus untuk memaksimalkan keuntungan mereka. Mereka akan memilih opsi yang akan memberikan utilitas/kepuasan yang paling besar. Keputusan dilakukan didasari oleh fakta dan informasi yang tersedia di pasar.Sebagai contoh, konsumen dihadapkan oleh 2 pilihan antara motor A yg lebih mahal atau motor B yg lebih murah. Karena motor tsb identical, konsumen rasional akan memilih motor B karena memberikan value lebih tinggi given its price.Sedangkan Irrational Consumer mengacu pada situasi di mana perilaku konsumen yang sebenarnya tidak sesuai dengan pendekatan rasional dalam pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan yg dilakukan didasari dari asumsi irasional, tidak didasari fakta. Sehingga pemenuhan wants and needs tidak terpenuhi scr optimal karena keputusan yang diambil tidak memberikan utilitas/kepuasan yang paling besar (ketika Indifference Curve menyinggung Budget Line/Constraint).Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh kranberry10 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 06 Feb 23