1 Sebutkan perkembangan hukum yang terjadi setelah penyusunan Magna Carta

Berikut ini adalah pertanyaan dari delabaskoro3 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Sebutkan perkembangan hukum yang terjadi setelah penyusunan Magna Carta (1215)!1 Sebutkan perkembangan hukum yang terjadi setelah penyusunan Magna Carta (1215)!
1 Sebutkan perkembangan hukum yang terjadi setelah penyusunan Magna Carta (1215)!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berkat keberadaan Magna Carta, raja tak lagi bisa bertindak sewenang-wenang. Dengan kata lain, Piagam Besar itu menjadi tonggak sejarah lahirnya hak asasi manusia dan hukum konstitusional. Adapun perkembangan hukum setelah penyusunan Magna Carta yaitu sistem hukum berjalan dengan menjunjung tinggi HAM, meskipun pelaksanaannya masih belum dimaksimalkan (masih terdapat banyak pelaksanaan hukum yang tajam ke bawah dan tumpul ke atas). Selain itu terdapat hukum yang membatasi sistem monarki para pemimpin.

Pembahasan:

Hukum berkembang mengikuti perubahan zaman dan kebutuhan manusia. Salah satu unsur yang menyebabkan adanya perubahan dan perkembangan hukum adalah adanya ilmu pengetahuan, penemuan-penemuan di bidang teknologi, dan perubahan zaman sebagai akibat dari kebutuhan masyarakat. Magna Carta Libertatum (Latin untuk "Piagam Besar untuk Kebebasan") atau sering disebut Magna Carta ("Piagam Besar") adalah piagam yang dikeluarkan di Inggris pada tanggal 15 Juni 1215 yang membatasi monarki Inggris, sejak masa Raja John, dari kekuasaan absolut.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang magna carta: yomemimo.com/tugas/3648539

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 30 Jan 23