Pertanyaan : a. Selain upaya hukum melalui gugatan peradilan, apakah penyelesaian

Berikut ini adalah pertanyaan dari KhaEkaseas pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pertanyaan :a. Selain upaya hukum melalui gugatan peradilan, apakah penyelesaian sengketa merek MY
BABY dengan FURE BABY dapat diselesaikan dengan cara lainnya? Jelaskan pendapat
Anda
b. Jelaskan pendapat Anda, sengketa merek tersebut diajukan kemana dan sangsi hukum
apa yang diberikan kepada pihak yang melakukan peniruan produk tersebut?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kasus hukum pencemaran nama baik sering kali terjadi si Indonesia. Upaya hukum yang dilakukan tidak cukup menjadi alat jera bagi pelaku. Seperti kasus sengketa merek My Baby VS Fure Baby, diperlukan upaya lain agar kasus seperti ini tak terulang kembali, yaitu:

  • Upaya Sosial: Mengangkat kasus ini di media-media sosial agar masyarakat memahami dan lebih selektif memastikan brand yang mereka gunakan memiliki tanggungjawab moral.
  • Upaya Pendidikan: Menanamkan nila-nilai moral dan hukum di tingkat sekolah maupun Perguruan Tinggi akan pentingnya menghormati hak cipta dan memahami hukum-hukum yang melindunginya.

Pembahasan

Untuk menghindari penyalahgunaan atas merek yang telah terdaftar,  sebaiknya segera mendaftarkan merek tersebut yang memiliki ciri khas dan karakteristik tidak menyamai dengan merek yang telah terdaftar guna menghindari kecurangan dan plagiatismel.

Pastikan bagi para pelaku usaha segera melakukan pendaftaran atas merek yang dimiliki. Karena apabila terbukti melakukan penyalahgunaan menggunakan merek yang telah terdaftar terdapat sanksi yang diatur secara tegas dalam undang-undang perlindungan Hak Kekayaan Intelektual.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai materi Kasus Hukumpada link berikut iniyomemimo.com/tugas/4576459

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mzmira dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 29 Mar 23