(1) Terdapat banyak perusahaan menawarkan produk yang serupa dan identik.

Berikut ini adalah pertanyaan dari 2177500056 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

(1) Terdapat banyak perusahaan menawarkan produk yang serupa dan identik. (2) Hambatan untuk masuk bagi pemain baru relatif rendah. (3) Mempunyai elastisitas harga yang sensitif. (4) Kondisi pasar dimana tidak terdapat banyak kompetisi. (5) Perusahaan tidak dimungkinkan untuk melakukan persaingan harga. (6) konsumen mengetahui benar mengenai informasi maupun harga dari produk. (7) Perusahaan berusaha membedakan produk dengan strategi marketing dan inovasi. (8) Rawan terjadi kartelisasi untuk menetapkan harga. Dari beberapa ciri pasar tersebut, manakah yang merupakan ciri struktur pasar Persaingan Monopolistik ?(8), (4), (3)
(2), (5), (8)
(7), (3), (2)
(1), (6), (5)
(7), (1), (3)
(6), (7), (4)

mohon bantuannya​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

(7), (1), (3) adalah ciri struktur pasar persaingan monopolistik.

Pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang memiliki beberapa pemain yang menawarkan produk yang serupa tapi tidak sama persis, terdapat hambatan masuk yang relatif rendah dan harga yang elastis. Perusahaan berusaha untuk membedakan produk dengan menggunakan strategi marketing dan inovasi, namun konsumen cenderung sudah mengetahui informasi mengenai produk dan harga. Pada pasar ini, perusahaan cenderung tidak dapat melakukan persaingan harga secara bebas dan rawan terjadi kartelisasi untuk menetapkan harga.

Penjelasan:

Jawaban yang benar adalah (7), (1), (3) karena:

(7) merupakan ciri dari pasar persaingan monopolistik dimana perusahaan berusaha membedakan produk dengan strategi marketing dan inovasi.

(1) menunjukkan bahwa pasar tersebut memiliki banyak perusahaan yang menawarkan produk yang serupa dan identik, yang merupakan ciri dari pasar persaingan monopolistik.

(3) menunjukkan bahwa pasar tersebut memiliki elastisitas harga yang sensitif, yang merupakan ciri dari pasar persaingan monopolistik.

Alasan lainnya adalah karena pasar persaingan monopolistik memiliki kondisi pasar yang cenderung seimbang, dengan banyak perusahaan yang menawarkan produk yang serupa namun tidak sama persis.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sherly12mm01 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 14 Apr 23