Apa yang dimaksud dengan permintaan dan penawaran jelaskan disertai contoh

Berikut ini adalah pertanyaan dari Gauri4118 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apa yang dimaksud dengan permintaan dan penawaran jelaskan disertai contoh

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta dengan harga dan waktu tertentu. Sedangkan penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada nominal harga tertentu setelah mengetahui harga asli dari barang tersebut dalam waktu tertentu.

Pembahasan

Permintaan dan penawaran merupakan ilmu dasar dalam ekonomi, yang mana setiap transaksi perdagangan pasti memiliki permintaan dan penawaran juga harga dan kuantitas. Dengan kata lain, orang yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual adalah penawaran. Maka keduanya akan melakukan proses tawar menawar hingga kesepakatan pada harga tertentu. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah :

  • Harga barang itu sendiri
  • Perubahan pada harga barang yang berkaitan
  • Tingkat pendapatan dan juga daya beli masyarakat
  • Adanya populasi penduduk
  • Adanya selera konsumen
  • Adanya barang pengganti dan tingkat kebutuhan terhadap suatu barang
  • Mode trend

Penawaran adalah banyak barang yang ditawarkan dari penjual pada suatu pasar tertentu juga pada periode tertentu dan tingkat tertentu. Dengan faktor yang mempengaruhinya adalah harga barang itu sendiri, harga barang lain, biaya produksi, tingkat teknologi, keuntungan yang diharapkan oleh penjual, adanya tingkat persaingan dan harapan yang harus terjadi terhadap pasar pada masa depan.

Pelajari lebih lanjut

  1. Kurva permintaan dan penawaran serta keseimbangan nya yomemimo.com/tugas/50646495

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 22 Aug 22