2) PT.PLN (Persero) merupakan BUMN Indonesia yang bergerak di bidang

Berikut ini adalah pertanyaan dari anasafnatul21 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2) PT.PLN (Persero) merupakan BUMN Indonesia yang bergerak di bidang ketenagalistrikan, dan memilikiperan utama dalam penyediaan dan pendistribusian tenaga listrik di Indonesia. Kebijakan PT.PLN dalam

penetapan tarif dasar listrik berdasarkan pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral

Nomor 09 Tahun 2014 tentang Tarif Tenaga Listrik yang disediakan oleh PT. PLN (Persero) yaitu

strategi penetapan harga yang digunakan oleh perusahaan antara lain strategi penetapan harga

tersegmentasi yaitu dengan membagi pangsa pasar atau segmentasi menjadi lima bagian, antara lain

sosial, rumah tangga, bisnis, pemerintah, dan industri.


Berikan evaluasi anda terhadap dampak dari penerapan kebijakan harga berdasarkan kasus tersebut !​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 09 Tahun 2014 tentang Tarif Tenaga Listrik yang disediakan oleh PT. PLN (Persero), PT. PLN berperan untuk menyediakan energi listrik di Indonesia. PT. PLN juga melakukan strategi penetapan harga yang dibagi menjadi sosial, rumah tangga, bisnis, pemerintah, dan industri. Dampak dari penerapan kebijakan harga tersebut pada dasarnya sudah sangat positif di mana PT. PLN bisa membedakan harga dari energi listrik kepada setiap alokasi target market yang menjadi konsumen dari PT. PLN itu sendiri, dengan perhitungan tersebut industri yang menjadi pengguna energi listrik terbesar tidak harus membayar angka yang terlalu besar karena dibedakan dari harga rumah tangga yang menggunakan energi listrik bukan sebagai sumber daya esensial.

Pembahasan

Sistem ekonomi yang digunakan di Indonesia pada dasarnya adalah sistem ekonomi Pancasila yang merupakan pengembangan dari sistem ekonomi campuran. Dengan sistem ekonomi ini, pemerintah masih bisa melakukan monopoli terhadap sumber daya penting yang menjadi kebutuhan utama dari negara ini dengan tujuan menjaga kuantitas dan juga harga dari sumber daya tersebut. Listrik menjadi salah satu komoditas yang dikuasai oleh negara di bawah PT. PLN. Perusahaan ini juga melakukan segmentasi harga yang disesuaikan dengan karakteristik penggunanya di mana secara sederhana penggunaan ini dibedakan dari seberapa besar penggunaan listrik dan juga untuk apa listrik digunakan.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang manajemen sumber daya manusia yomemimo.com/tugas/11965842
  2. Materi tentang manajemen resiko pada perusahaan yomemimo.com/tugas/5798758
  3. Materi tentang manfaat manajemen resiko yomemimo.com/tugas/10483340

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: 6 - Konsep Manajemen

Kode: 10.12.6

#AyoBelajar #SPJ2 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 24 Jul 23