3. Dalam suatu pasar diketahui : Qd = 40 – 2P.

Berikut ini adalah pertanyaan dari aqilaalyakhalifa pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Dalam suatu pasar diketahui :Qd = 40 – 2P.
Qs= -20 + 3 P
Hitunglah titik keseimbangan nya dan buatkan kurva nya!
TOLONG BUATKAN DENGAN CARANYA YAA

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Untuk mencari titik keseimbangan dalam suatu pasar, kita perlu mencari titik dimana jumlah permintaan (Qd) sama dengan jumlah penawaran (Qs). Jika kita menggabungkan kedua persamaan Qd dan Qs, kita dapat memecahkan sistem persamaan untuk mencari titik keseimbangan.

40 - 2P = -20 + 3P

60 = 5P

P = 12

Dengan menggunakan harga keseimbangan (P = 12), kita dapat menemukan jumlah keseimbangan (Q) dengan menggunakan salah satu persamaan.

Qd = 40 - 2P = 40 - 2 * 12 = 16

Atau

Qs = -20 + 3P = -20 + 3 * 12 = 32

Jadi, titik keseimbangan adalah (12, 16).

Untuk membuat kurva, kita dapat menggunakan kedua persamaan dan menggambarkan garis yang menghubungkan titik-titik pada setiap persamaan. Kurva permintaan (Qd) dapat ditemukan dengan menggambarkan garis yang menghubungkan titik-titik yang ditemukan saat menggunakan persamaan Qd, dan kurva penawaran (Qs) dapat ditemukan dengan menggambarkan garis yang menghubungkan titik-titik yang ditemukan saat menggunakan persamaan Qs.

Ketika kedua kurva bersinggungan, titik bersinggungan adalah titik keseimbangan pasar.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh aiyangjawabkamu dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 10 May 23