Dengan menggunakan kurva bagaimana analisis saudara tentang penggunaan tenaga kerja

Berikut ini adalah pertanyaan dari khoirurroziqin803 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dengan menggunakan kurva bagaimana analisis saudara tentang penggunaan tenaga kerja agar perusahaan mencapai keuntungan maksimum yang menghadapi pasar persaingan sempurna dalam pembelian tenaga kerja

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Menurut analisis saya dalam pasar persaingan sempurna, perusahaan akan mencapai keuntungan maksimum pada saat tingkat laba (keuntungan) sama dengan tingkat biaya rata-rata. Kurva laba maksimum dapat digunakan untuk menunjukkan bagaimana perusahaan akan mencapai tingkat laba maksimum tersebut.

Untuk menggambarkan kurva laba maksimum,  perlu menentukan tingkat biaya rata-rata (AVC) dan tingkat laba (π). Tingkat biaya rata-rata adalah jumlah total biaya dibagi dengan jumlah unit yang dihasilkan. Tingkat laba adalah selisih antara harga jual per unit dan biaya rata-rata per unit.

Kurva laba maksimum dapat ditarik dengan menghubungkan titik-titik yang menunjukkan tingkat laba pada setiap tingkat produksi. Pada titik paling kiri dari kurva, tingkat laba sama dengan nol karena biaya rata-rata sama dengan harga jual. Selain itu, semakin banyak unit yang dihasilkan, semakin tinggi tingkat biaya rata-rata, sehingga tingkat laba akan semakin menurun. Pada titik tertentu, tingkat laba akan mencapai puncaknya dan kemudian mulai menurun. Ini adalah tingkat produksi di mana perusahaan akan mencapai keuntungan maksimum.

Jadi, untuk mencapai keuntungan maksimum dalam pasar persaingan sempurna, perusahaan harus menentukan tingkat produksi di mana tingkat laba maksimum tercapai dan memproduksi pada tingkat tersebut.

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh my5571668 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 02 Apr 23