2. Jelaskan hubungan antara negara, pemerintah, dan masyarakat dalam kajian

Berikut ini adalah pertanyaan dari farisnanji29 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Jelaskan hubungan antara negara, pemerintah, dan masyarakat dalam kajian sosiologi pemerintahan!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Sosiologi pertama kali di cetuskan oleh Auguste Comte, kemudian ia dikenal sebagai bapak sosiologi. Secara etimologis istilah sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu socius yang berarti kawan, sahabat, rekan, sekutu, masyarakat. Adapun logos yang berasal dari bahasa Yunani berarti ”kata” atau ”berbicara”. Sosiologi kemudian diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang masyarakat.

August Comte mengatakan bahwa ilmu sosiologi adalah ilmu yang didasarkan pada observasi dan klasifikasi yang bersifat empiris dan sistematis.Dalam mengkaji masyarakat, Comte membagi sosiologi dalam dua kategori, yaitu Static social (sosial statis, terkait dengan statika sosial atau struktur sosial), mencakup struktur sosial masyarakat berupa kelompok, lembaga-lembaga sosial, lapisan dan kekuasaan. Dynamic sosial (sosial dinamis, terkait dengan dinamika sosial atau perubahan sosial). Sosial dinamis adalah fungsi-fungsi masyarakat yang terlibat dalam proses sosial, perubahan sosial, atau interaksi dan konflik yang terjadi antar individu atau antar kelompok.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa pusat perhatian sosiologi adalah tingkah laku manusia, baik individu maupun kelompok, namun lebih banyak pada kelompoknya dan hubungannya dengan masyarakat, sehingga merupakan studi tentang tingkah laku manusia dalam konteks sosial, atau lebih tegas lagi bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan manusia dalam masyarakat yang mencakup hubungan antara seseorang dengan orang lain, antara perseorangan dengan kelompok dan hubungan antara kelompok dengan kelompok lainnya

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rizmaganiafaeda dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 04 Aug 22