berikan contoh kasus mudharabah mutlaqah dan mudharabah muqayyadah secara singkat?​

Berikut ini adalah pertanyaan dari aqilbarik38 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Berikan contoh kasus mudharabah mutlaqah dan mudharabah muqayyadah secara singkat?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

ok

Penjelasan:

1. Mudharabah mutlaqah

Contoh kasus:

Seorang pemilik dana bernama Ahmad memberikan dana sebesar Rp 100 juta kepada pengelola dana bernama Budi dengan kesepakatan bagi hasil sebesar 50%. Budi kemudian mengelola dana tersebut dengan cara membeli saham di perusahaan XYZ dengan harapan mendapatkan keuntungan. Setelah satu tahun, ternyata perusahaan XYZ mengalami kenaikan harga saham sebesar 20%. Maka, keuntungan yang didapatkan oleh Ahmad sebesar (Rp 100 juta x 20%) x 50% = Rp 10 juta.

2. Mudharabah muqayyadah

Contoh kasus:

Seorang pemilik dana bernama Siti memberikan dana sebesar Rp 50 juta kepada pengelola dana bernama Rini dengan kesepakatan bagi hasil sebesar 60%. Siti juga menetapkan bahwa dana tersebut hanya boleh diinvestasikan pada sektor keuangan yang dianggap aman, seperti deposito di bank atau obligasi pemerintah. Rini kemudian mengelola dana tersebut dengan cara membeli deposito di bank dengan suku bunga 6% per tahun. Setelah satu tahun, Siti mendapatkan keuntungan sebesar (Rp 50 juta x 6%) x 60% = Rp 3 juta.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh raflyanjahutomo dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 30 Mar 23