2. Ada sejumlah kriteria pemilihan berita (news judgement) yang dapat

Berikut ini adalah pertanyaan dari kijiroaran pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Ada sejumlah kriteria pemilihan berita (news judgement) yang dapat dijadikan dasar memilih apakahsebuah peristiwa layak menjadi berita atau tidak.
a. Jelaskan beberapa kriteria berita (news judgement) tersebut !
b. Carilah salah satu berita di media on line atau media cetak berdasarkan kriteria news judgement
dan selanjutnya berikan argument Anda !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

News judgement atau penilaian berita yang dapat dijadikan dasar memilih kelayakan berita, dilakukan melalui 4 pendekatan:

  1. Pendekatan norma: sebelum menaikan berita, redaksi perlu melihat lagi apakah isi berita sudah sesuai dengan norma yang berlaku.
  2. Pendekatan dampak: berita perlu dikaji lagi, bagaimana dampak yang akan ditimbulkan jika informasi sampai ke masyarakat.
  3. Pendekatan minat dan kebutuhan khalayak: berita yang layak adalah berita yang lebih dibutuhkan khalayak meskipun tidak sesuai minat. Contohnya adalah berita kesehatan.
  4. Pendekatan kode etik: redaksi memiliki kode etik, begitu pula profesi lain. Sehingga berita juga harus berada pada jalur kode etik.

Pembahasan

News judgement adalah hal yang berbeda dengan news value. Sebuah berita yang memenuhi kriteria news value belum tentu lolos news judgement. News value mengutamakan nilai berita yang unik, maksudnya sebuah peristiwa harus memiliki setidaknya salah satu dari 10 kriteria news value untuk bisa menjadi sebuah berita.

News judgement adalah pertimbangan matang yang dilakukan oleh redaksi untuk menentukan apakah isi berita sudah layak tayang. Sehingga berita harus memiliki news value, baru dilakukan news judgement.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang 10 kriteria news value pada yomemimo.com/tugas/1902306

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 04 Aug 22