Sistem informasi dimungkinkan menghadapi ancaman yang dapat berupa ancaman dari

Berikut ini adalah pertanyaan dari dhysetiiawan22 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sistem informasi dimungkinkan menghadapi ancaman yang dapat berupa ancaman dari internal maupun ancaman eksternal. Coba identifikasi masing-msing ancaman itu , dan jelaskan pula cara untuk mengatasi ancaman-ancaman tersebut (internal maupun eksternal)​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Ancaman Internal:

Ancaman internal adalah ancaman yang berasal dari dalam organisasi dan dapat berupa kegagalan sistem informasi, kebocoran data atau informasi, tindakan sabotase, pengaksesan data tanpa izin, dan lain-lain. Cara untuk mengatasi ancaman internal ini adalah dengan melakukan audit sistem secara berkala, menyediakan mekanisme untuk melaporkan tindakan yang mencurigakan, membatasi akses data yang hanya diberikan kepada orang yang memiliki izin, dan menginstal alat kontrol keamanan seperti firewall dan antivirus.

2. Ancaman Eksternal:

Ancaman eksternal adalah ancaman yang berasal dari luar organisasi dan dapat berupa serangan phishing, serangan DoS/DDoS, serangan virus/malware, serangan SQL Injection, dan lain sebagainya. Cara untuk mengatasi ancaman eksternal ini adalah dengan melakukan patching, menggunakan alat keamanan seperti firewall, antivirus, dan anti-malware, menggunakan keamanan jaringan untuk memblokir akses yang tidak diizinkan, memastikan bahwa pengguna tidak mengakses situs web yang berpotensi berbahaya, dan melakukan pengecekan dan penilaian keamanan secara berkala.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh agungboy615 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 14 Mar 23