sebuah perusahaan broodcasting ingin memasukan sebuah lagu yg sdh terkenal.secara

Berikut ini adalah pertanyaan dari abdulrajabbeda pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

sebuah perusahaan broodcasting ingin memasukan sebuah lagu yg sdh terkenal.secara umum sbg jinggle iklan TV dan radio yg akan dibuatnya.Bisakah lagu itu digunakan untuk kepentingan yg dimaksud ,bgmn kalau dilihat dari kete ntuan hak cipta dan kekayaan intelektual, .Lihat undang Undang Haki,..

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Jawaban pada penjelasan yaa

Penjelasan:

Untuk memasukkan lagu yang sudah terkenal secara umum ke dalam jinggle iklan TV dan radio, perusahaan broodcasting tersebut harus memperoleh lisensi atau hak penggunaan lagu tersebut dari pemegang hak cipta lagu tersebut. Pemegang hak cipta biasanya adalah pencipta lagu atau perusahaan yang mewakili pencipta lagu. Jika perusahaan broodcasting tidak memperoleh lisensi atau hak penggunaan lagu tersebut, maka hal tersebut dapat dikategorikan sebagai tindakan pelanggaran hak cipta dan dapat mengakibatkan tuntutan hukum dari pemegang hak cipta.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hak cipta dan kekayaan intelektual, Anda dapat membaca Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang HaKI (Undang-Undang HaKI). Undang-Undang HaKI mengatur tentang hak cipta, hak paten, hak merek, dan hak desain industri. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi lembaga-lembaga yang bertanggung jawab dalam menangani masalah hak cipta dan kekayaan intelektual di Indonesia, seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, dan Badan Perlindungan HaKI.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Farnm23 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 02 Apr 23