Sebutkan dan jelaskan apa saja sistem ekonomi yang ada di

Berikut ini adalah pertanyaan dari Nesedw pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan dan jelaskan apa saja sistem ekonomi yang ada di dunia. Sistem ekonomi apa yang dianut oleh Indonesia? Mengapa dalam sistem ekonomi Indonesia tidak diperbolehkan praktik monopoli?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  • Jawaban:

Ada beberapa sistem ekonomi yang ada di dunia, diantaranya:

  1. Sistem ekonomi kapitalis, di mana produksi, distribusi, dan konsumsi ditentukan oleh mekanisme pasar dan perusahaan-perusahaan swasta yang bersaing.
  2. Sistem ekonomi sosialis, di mana produksi, distribusi, dan konsumsi dikontrol oleh pemerintah atau masyarakat secara kolektif.
  3. Sistem ekonomi mixtus, di mana terdapat campuran antara sistem ekonomi kapitalis dan sistem ekonomi sosialis.
  4. Sistem ekonomi tradisional, di mana produksi, distribusi, dan konsumsi ditentukan oleh adat istiadat yang berlaku di suatu masyarakat.

Indonesia menganut sistem ekonomi mixtus, yaitu campuran antara sistem ekonomi kapitalis dan sistem ekonomi sosialis. Dalam sistem ekonomi Indonesia tidak diperbolehkan praktik monopoli karena akan menghambat persaingan yang sehat di pasar, sehingga dapat merugikan masyarakat dan menghalangi pertumbuhan ekonomi. Monopoli juga dapat menyebabkan kenaikan harga secara tidak wajar, sehingga akan merugikan konsumen.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh allexaeljaffa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 09 Apr 23