Sebagaimana yang anda ketahui, terdapat beberapa jenis kebutuhan konsumen yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebagaimana yang anda ketahui, terdapat beberapa jenis kebutuhan konsumen yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller (2016), yaitu: Stated needs; Real needs; Unstated needs; Delight needs; dan Secret needs. a. Jelaskan masing-masing definisi kebutuhan tersebut dan berikan contohnya dalam kehidupan anda sehari-hari. b. Menurut anda manakah yang lebih penting dalam kehidupan kita? Urutkan dari prioritas terendah sampai prioritas tertinggi yang disesusaikan dengan kehidupan anda saat ini​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Salah satu kunci keberhasilan dalam pemasaran adalah memahami kebutuhan konsumen. Dalam hal ini Kotler dan Keller (2016)telah membagikebutuhan konsumen dalam beberapa jenis.

Adapun kebutuhan jenis kebutuhan tersebut terdiri dari:

  • Real Needs
  • Unstated Needs
  • Stated Needs
  • Delight Needs
  • Secret Needs.

Pembahasan

Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing kebutuhan yang telah diklasifikasikan oleh Kotler dan Keller, yaitu:

  • Real needs adalah kebutuhan yang sebenarnya atau sesungguhnya dibalik pernyatan konsumen tersebut. Contohnya biaya operasional dan perawatan rumah yang terjangkau dan tidak mahal.
  • Unstated needs adalah kebutuhan yang tidak diutarakan konsumen namun dibutuhkan dan diinginkan konsumen tersebut. Contohnya konstruksi rumah yang kuat dan bahan material yang sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan dibrosur.
  • Stated needs adalah kebutuhan yang dinyatakan atau diungkapkan oleh seorang konsumen. Contohnya konsumen membutuhkan sebuah rumah tipe 45 yang memiliki kelebihan tanah dengan harga yang tidak mahal di daerah yang sedikit jauh dari tengah kota. konsumen tersebut bisa menyatakan kisaran budget yang ia sediakan.
  • Delight needs adalah kebutuhan yang sebenarnya tidak diminta oleh konsumen namun timbul tujuan untuk memuaskan dan menyenangkan konsumen. Contohnya konsumen mendapatkan secara gratis hadiah TV setelah akta jual beli ditandatangani.
  • Secret needs adalah kebutuhan atau keinginan yang enggan dikemukakan seorang konsumen, namun konsumen tersebut sangat menginginkannya. Contohnya konsumen berharap lingkungan tempat tinggal rumah yang baru dibelinya memiliki lingkungan yang kondusif dan bersahabat terutama dengan tetangga yang ada dikiri-kanan rumah tersebut

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: 1 – Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kode: 10.12.1

#AyoBelajar#SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh endahsolutions77 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 28 Jul 23