Pak Reza bekerja sebagai manajer penjualan properti dan memiliki tim

Berikut ini adalah pertanyaan dari lovitaoj pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pak Reza bekerja sebagai manajer penjualan properti dan memiliki tim sales diantaranya Asep, Arif dan Ahmad. Ke-3 sales tersebut, memiliki motivasi yang berbeda saat menawarkan produk perumahan pada calon customer. Asep tergerak oleh bonus/insentif yang diperoleh dalam motivasi bekerja. Arif menikmati dunia sales, karena bisa bertemu banyak orang sehingga tidak membosankan dibandingkan dengan bagian lain yang sering di dalam perusahaan. Ahmad termotivasi terhadap pekerjaan karena diberikan tanggung jawab terhadap pekerjaan dengan pemberian reward prestasi yang jelas, sehingga terdorong untuk mencapainya. Berdasarkan wacana manajer penjualan memotivasi tim sales di perusahaan properti: a. Buatlah analisa Asep termasuk tipe pendekatan motivasi apa, karakter motivasinya dan bagaimana cara Pak Reza melakukan motivasi pada Asep. b. Buatlah analisa Arif termasuk tipe pendekatan motivasi apa, karakter motivasinya dan bagaimana cara Pak Reza melakukan motivasi pada Arif. c. Buatlah analisa Ahmad termasuk tipe pendekatan motivasi apa, karakter motivasinya dan bagaimana cara Pak Reza melakukan motivasi pada Ahmad. 25​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Tipe pendekatan motivasiyang ada padaAsep adalah kebutuhan atau ekonomi sehingga Pak Reza bisa meningkatkan imbalan untuk meningkatkan motivasi Asep.
  2. Tipe pendekatan motivasiyang dimiliki olehArif adalah penghargaan atau karena Arif senang dengan pekerjaannya. Pak Reza bisa memberikan pujian atau penghargaan kepada Arif apabila ia sudah mencapai target sebagai rasa apresasinya.
  3. Tipe pendekatan motivasiyang dimiliki olehAhmad adalah kepuasan karena ia senang dengan tanggung jawab yang besar pada dirinya. Pak Reza bisa memberikan tanggung jawab yang lebih besar ketika Ahmad mencapai targetnya.

Pembahasan

Motivasi kerja adalah salah satu unsur penting yang ada pada perusahaan karena motivasi kerja ini berkaitan dengan kinerja dan juga tingkat produktivitas tenaga kerja tersebut. Ada beberapa jenis karakteristik yang dimiliki oleh seorang tenaga kerja guna meningkatkan motivasinya. Salah satu motivasi yang paling umum adalah ekonomi di mana tenaga kerja merasa lebih semangat untuk bekerja ketika imbalan uang yang diberikan lebih besar. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kinerja dari tenaga kerja tersebut didorong oleh kebutuhan yang ingin mereka penuhi. Ada juga beberapa motivasi lain di mana seseorang memang senang pekerjaan yang ia lakukan dan juga ada tenaga kerja yang lebih semangat kerja ketika diberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada dirinya.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian organisasi yomemimo.com/tugas/5987592
  2. Materi tentang pengertian kepemimpinan yomemimo.com/tugas/9458138
  3. Materi tentang syarat kepemimpinan yang baik yomemimo.com/tugas/4835851

Detail jawaban

Kelas: 12

Mapel: Ekonomi

Bab: -

Kode: 12.12

#AyoBelajar #SPJ2 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 31 Mar 23