uraikan komponen neraca pembayaran yang termasuk transaksi berjalan dan jelaskan

Berikut ini adalah pertanyaan dari rega021019 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

uraikan komponen neraca pembayaran yang termasuk transaksi berjalan dan jelaskan mengapa disebut sebagai transaksi berjalan​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Neraca pembayaran adalah suatu laporan yang mencatat semua transaksi ekonomi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain dalam suatu periode waktu tertentu. Neraca pembayaran terdiri dari dua komponen utama: transaksi berjalan (current account) dan transaksi modal dan keuangan (capital and financial account).

Transaksi berjalan (current account) mencakup semua transaksi yang terjadi dalam perdagangan barang, jasa, dan faktor produksi antara negara dengan negara lain dalam periode waktu tertentu. Komponen-komponen utama dalam transaksi berjalan meliputi:

  1. Neraca perdagangan barang: Merupakan selisih antara nilai ekspor dan impor barang. Jika ekspor melebihi impor, maka terjadi surplus perdagangan barang, sedangkan jika impor melebihi ekspor, maka terjadi defisit perdagangan barang.
  2. Neraca perdagangan jasa: Merupakan selisih antara nilai ekspor dan impor jasa, seperti jasa transportasi, pariwisata, keuangan, dan lain-lain.
  3. Pendapatan primer: Meliputi pembayaran dan penerimaan pendapatan dari faktor produksi, seperti upah, bunga, dan dividen antara penduduk negara dengan penduduk negara lain.
  4. Transfer unilateral: Merupakan transfer pendapatan atau nilai yang diberikan oleh satu negara kepada negara lain tanpa adanya balas jasa atau kompensasi.

Transaksi berjalan disebut sebagai transaksi berjalan karena komponen-komponennya mencerminkan aktivitas ekonomi sehari-hari yang terjadi secara terus-menerus antara negara dengan negara lain. Transaksi berjalan melibatkan perdagangan barang dan jasa yang terjadi rutin dalam kegiatan ekonomi, serta pembayaran dan penerimaan pendapatan dari faktor produksi yang berlangsung terus-menerus. Transaksi berjalan sangat penting dalam neraca pembayaran karena mencerminkan keseimbangan ekonomi suatu negara dengan dunia luar, dan dapat memberikan gambaran mengenai surplus atau defisit ekonomi suatu negara dalam hubungannya dengan negara lain.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh fatahilahh dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 11 Aug 23