Apa yang membedakan antara etika fungsional terbuka dan tertutup.

Berikut ini adalah pertanyaan dari arifinrizki0503 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apa yang membedakan antara etika fungsional terbuka dan tertutup. Berikan contohnya masing masing. Dan Hal yang mendasari contoh etika tersebut dikatakan terbuka / tertutup.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Etika fungsional terbuka adalah etika yang memperhatikan perbedaan budaya, nilai, dan norma dari masyarakat yang berbeda dan memperbolehkan prinsip-prinsip moral yang berbeda untuk digunakan dalam kondisi yang berbeda.

Etika fungsional tertutup adalah etika yang mengharuskan agar prinsip-prinsip moral yang sama digunakan dalam semua kondisi, tidak peduli bagaimana perbedaan budaya, nilai, dan norma dari masyarakat yang berbeda.

Contoh etika fungsional terbuka adalah etika yang dianut oleh seorang peneliti yang memperhatikan budaya dan norma yang berlaku di masyarakat tempat ia melakukan penelitian, dan memperbolehkan prinsip-prinsip moral yang berbeda untuk digunakan dalam kondisi yang berbeda.

Contoh etika fungsional tertutup adalah etika yang dianut oleh seorang peneliti yang tidak memperhatikan budaya dan norma yang berlaku di masyarakat tempat ia melakukan penelitian, dan mengharuskan agar prinsip-prinsip moral yang sama digunakan dalam semua kondisi.

Hal yang mendasari contoh etika fungsional terbuka adalah pemahaman bahwa setiap masyarakat memiliki budaya, nilai, dan norma yang berbeda, dan bahwa prinsip-prinsip moral yang sesuai untuk satu masyarakat mungkin tidak sesuai untuk masyarakat lain.

Hal yang mendasari contoh etika fungsional tertutup adalah pemahaman bahwa ada prinsip-prinsip moral yang universal dan bahwa prinsip-prinsip tersebut harus digunakan dalam semua kondisi, tidak peduli bagaimana perbedaan budaya, nilai, dan norma dari masyarakat yang berbeda.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Boxyll dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 22 Mar 23