sebutkan mineral dan perananya dalam tanah​

Berikut ini adalah pertanyaan dari misdawati365 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan mineral dan perananya dalam tanah​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Berikut adalah beberapa mineral yang penting dalam tanah dan peranannya:

1. Lempung: Lempung adalah mineral yang memiliki kemampuan menahan air dan menyediakan nutrisi bagi tanaman. Lempung membantu dalam menjaga kelembaban tanah dan menyediakan sumber mineral seperti silika, aluminium, dan besi.

2. Pasir: Pasir adalah mineral dengan ukuran partikel yang lebih besar. Pasir memberikan drainase yang baik dalam tanah, memungkinkan air untuk mengalir dengan mudah dan menghindari genangan air yang berlebihan.

3. Silt: Silt adalah mineral dengan ukuran partikel yang lebih kecil dari pasir tetapi lebih besar dari lempung. Silt memberikan kemampuan penyimpanan air yang moderat dan memiliki kandungan nutrisi yang baik.

4. Tanah Liat: Tanah liat adalah mineral halus yang memiliki kemampuan menahan air dan nutrisi lebih baik daripada lempung. Tanah liat membentuk struktur tanah yang baik dan memberikan kestabilan pada tanah.

5. Kapur: Kapur atau kalsium karbonat memberikan keasaman yang seimbang dalam tanah. Kapur digunakan untuk mengurangi keasaman tanah (pH rendah) dan meningkatkan kesuburan tanah.

6. Mineral Pupuk: Beberapa mineral penting lainnya dalam tanah termasuk nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K) yang merupakan komponen penting dalam pupuk. Mineral pupuk ini memberikan nutrisi penting bagi pertumbuhan tanaman.

7. Mineral Mikro: Mineral mikro seperti zat besi (Fe), mangan (Mn), seng (Zn), tembaga (Cu), dan boron (B) juga penting dalam tanah. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh tanaman, mineral mikro ini mendukung fungsi enzimatik dan proses metabolisme yang penting.

Setiap mineral memiliki peranannya sendiri dalam menjaga kualitas dan kesuburan tanah. Kombinasi mineral dalam tanah yang seimbang sangat penting untuk pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh wevr6390 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 11 Aug 23