Pada saat musim durian dengan pengeluaran Rp 15.000,00 jumlah yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari atikawardani97 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pada saat musim durian dengan pengeluaran Rp 15.000,00 jumlah yang membeli sebanyak 5 orang. Ada empat konsumen dalam pasar tersebut yang berminat membeli dengan pengeluaran yang berbeda yaitu pengeluaran 1 Rp 30.000,00 dan jumlah pembeli satu orang; pengeluaran 2 Rp 27.000,00 dan jumlah pembeli dua orang; pengeluaran 3 Rp 24.000,00 dan jumlah pembeli tiga orang; pengeluaran 4 Rp 21.000,00 dan jumlah pembeli empat orang a. Mengapa konsumen tersebut mau mengeluarkan biaya yang berbeda untuk membeli durian tersebut ? b. Menurut pengetahuan saudara apa yang dimaksud dengan surplus konsumen c. Berapa surplus konsumen pada pengeluaran 2 dan berapa seharusnya jumlah pembeli durian pada harga pembeli tersebut mampu membayar dibandingkan dengan harga aktual d. Gambarkan kurva surplus konsumennya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Konsumen tersebut bersedia mengeluarkan biaya yang berbeda untuk membeli durian karena mereka memiliki preferensi atau keinginan yang berbeda-beda. Beberapa konsumen mungkin lebih menyukai durian yang lebih berkualitas dan siap membayar lebih mahal, sementara yang lain mungkin lebih memperhatikan faktor harga dan memilih untuk membeli durian yang lebih murah.

b. Surplus konsumen adalah selisih antara harga maksimum yang konsumen bersedia bayar dengan harga pasar aktual. Secara sederhana, surplus konsumen dapat diartikan sebagai manfaat ekstra yang diterima oleh konsumen ketika membeli barang atau jasa dengan harga di bawah apa yang mereka bersedia bayar.

c. Berdasarkan data yang diberikan, pengeluaran 2 memiliki harga 27.000 dan jumlah pembeli 2 orang. Jumlah pembeli yang seharusnya mampu membeli durian pada harga tersebut adalah 3 orang, karena pada harga tersebut masih ada satu unit durian yang tidak terjual. Surplus konsumen pada pengeluaran 2 adalah selisih antara harga maksimum yang bersedia dibayarkan oleh 3 orang konsumen teratas (30.000) dengan harga pasar aktual (27.000), yaitu sebesar 3.000.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dheanr774 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 05 Aug 23