1. Jelaskan definisi dari Bank Syariah 2. Jelaskan perbedaan Bank Syariah

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskan definisi dari Bank Syariah2. Jelaskan perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional
3. Jelaskan 5 Bank Syariah
4. Jelaskan perbedaan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah
5. Jelaskan akad akad tabungan pada bank syariah
6. Jelaskan Akad akad pembiayaan pada bank syariah

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Berdasarkan Undang Undang No. 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, bank syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah atau prinsip hukum islam.

2. Pada bank konvensional, sistem operasionalnya menggunakan suku bunga dan perjanjian umum berdasarkan aturan nasional. Sementara pada bank syariah, sistem operasional yang digunakan adalah bagi hasil atau nisbah. Keuntungan yang diberikan kepada nasabah bergantung pada keuntungan yang diterima oleh bank.

3. Bank Muamalat. Bank Syariah Indonesia (BSI).

Permata Bank Syariah. Bank Bukopin Syariah. Bank Tabungan Pensiunan Negara Syariah (BTPN Syariah). BCA Syariah.

4. Menurut Rivai (2007), BUS adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah, sedangkan UUS adalah unit kerja di kantor pusat bank umum konvensional yang berfungsi sebagai kantor induk dari kantor cabang syariah atau unit syariah.

5. Akad yang umumnya digunakan untuk produk tabungan dan deposito ialah akad wadi'ah dan mudharabah. Akad wadi'ah adalah akad penitipan barang atau uang antara pemiliknya dan pihak yang diberi kepercayaan dengan tujuan untuk menjaga keselamatan, keamanan serta keutuhan barang atau uang.

6. Akad pembiayaan suatu barang dengan menegaskan harga belinya kepada pembeli dan pembeli membayarnya dengan harga yang lebih sebagai keuntungan yang disepakati. Akad pembiayaan suatu barang dengan cara pemesanan dan pembayaran harga yang dilakukan terlebih dahulu dengan syarat tertentu yang disepakati.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Pratista11 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 25 Jun 23