Jelaskan bahwa pada pasar tenaga kerja kompetitif "upah menyesuaikan

Berikut ini adalah pertanyaan dari nurainisusi40 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan bahwa pada pasar tenaga kerja kompetitif "upah menyesuaikan diri untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan tenaga kerja.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pasar tenaga kerja adalah tempat di mana para pekerja dan perusahaan bertemu untuk menemukan kesepakatan mengenai gaji dan kondisi kerja. Pada pasar tenaga kerja yang kompetitif, para pekerja memiliki kebebasan untuk memilih tempat kerja yang paling menguntungkan bagi mereka, sementara perusahaan memiliki kebebasan untuk memilih pekerja terbaik yang tersedia.

Pada pasar tenaga kerja yang kompetitif, upah dianggap sebagai harga yang harus dibayar oleh perusahaan kepada para pekerja untuk menggunakan keahlian dan keterampilan mereka. Upah tergantung pada permintaan terhadap pekerja dengan keahlian dan keterampilan tertentu di pasar tenaga kerja, serta pada penawaran pekerja dengan keahlian dan keterampilan tersebut.

Jika permintaan terhadap pekerja dengan keahlian dan keterampilan tertentu tinggi, maka perusahaan akan bersaing untuk mendapatkan pekerja tersebut dengan menawarkan upah yang lebih tinggi. Sebaliknya, jika permintaan terhadap pekerja dengan keahlian dan keterampilan tertentu rendah, maka perusahaan akan bersaing dengan menawarkan upah yang lebih rendah untuk mendapatkan pekerja tersebut.

Dengan demikian, upah akan menyesuaikan diri untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan tenaga kerja. Jika permintaan terhadap pekerja dengan keahlian dan keterampilan tertentu tinggi, maka upah akan meningkat, sementara jika permintaan terhadap pekerja dengan keahlian dan keterampilan tertentu rendah, maka upah akan menurun.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dimasanugrah9jp0b40r dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 27 Mar 23