21. PT MATEK memproduksi sepeda mini dan direncanakan akan dipasarkan

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

21. PT MATEK memproduksi sepeda mini dan direncanakan akan dipasarkan di negara-negara berkembang. Biaya total ditunjuk- kan oleh TC = 40.000 + 25Q + 0,002Q² Permintaan sepeda mini memiliki pola P = 75 - 0,008Q. Pada- lah harga per unit dan Q adalah kuantitas. Harga yang ditetap- kan saat ini sebesar $ 50 per unit.a. Apakah harga yang ditetapkan perusahaan sudah tepat jika diinginkan laba yang maksimal?
b. Berapa besar laba maksimal perusahaan?
c. Gambarkan fungsi laba tersebut
d. Tentukan besarnya laba yang diperoleh perusahaan jika dite- tapkan harga jual sepeda sebesar $ 67​.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. Untuk mengetahui apakah harga yang ditetapkan perusahaan sudah tepat jika diinginkan laba yang maksimal, kita harus mencari nilai Q dan harga yang mencapai laba maksimalthat Merekomendasikan.

b. Dengan menggunakan persamaan yang tersedia, laba maksimal perusahaan adalah $2.400.

c. Grafik fungsi laba ditampilkan di bawah ini:

d. Jika harga jual sepeda sebesar $ 67, maka laba perusahaan adalah $ 2.725.

Penjelasan:

penjelasan c. Grafik fungsi laba yang ditampilkan menunjukkan bagaimana laba perusahaan berubah dengan mengubah harga jual, dengan nilai maksimum sebesar $2.400 di titik Q = 6.500 dan harga jual sebesar $50. Dengan meningkatkan harga jual sepeda sampai $67, kita dapat melihat bahwa laba akan meningkat sampai $2.725.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh brianherlambang2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 19 Mar 23