Jelaskan matriks pelayanan dalam dua dimensi yang berpengaruh pada proses

Berikut ini adalah pertanyaan dari kasramani pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan matriks pelayanan dalam dua dimensi yang berpengaruh pada proses penyampaian pelayanan! Dilengkapi dengan matriks proses pelayanan/jasa

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Matriks pelayanan dalam dua dimensi memiliki empat kategori pelayanan, yaitu:

  • Pelayanan standar (standard service) - pelayanan dengan kompleksitas rendah dan variabilitas rendah. Contohnya seperti membeli tiket kereta api.
  • Pelayanan sesuai prosedur (service with procedures) - pelayanan dengan kompleksitas rendah dan variabilitas tinggi. Contohnya seperti pemeriksaan rutin di dokter gigi.
  • Pelayanan kustom (customised service) - pelayanan dengan kompleksitas tinggi dan variabilitas rendah. Contohnya seperti jasa konsultasi bisnis.
  • Pelayanan kompleks (complex service) - pelayanan dengan kompleksitas tinggi dan variabilitas tinggi. Contohnya seperti pelayanan perawatan medis intensif di rumah sakit.

Pembahasan

Untuk membantu memahami bagaimana proses penyampaian pelayanan berlangsung, terdapat matriks proses pelayanan atau juga dikenal sebagai "The Service Process Matrix". Matriks ini menggambarkan empat jenis proses pelayanan berdasarkan pada dua dimensi yaitu interaksi dengan pelanggan dan keterlibatan karyawan.

Dimensi pertama adalah interaksi dengan pelanggan, yaitu tingkat interaksi antara karyawan dan pelanggan selama proses pelayanan berlangsung. Interaksi ini dapat bervariasi dari interaksi langsung antara karyawan dan pelanggan hingga interaksi yang lebih terbatas seperti pemesanan online.

Pelajari lebih lanjut

Materi penjelasan tentang matriks pelayanan jasa yomemimo.com/tugas/53673559

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh daniatykurniawan84 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 26 Jul 23