1. Jelaskan alasan mengapa kita belajar ilmu ekonomi? 2. Jelaskan

Berikut ini adalah pertanyaan dari suci50549 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskan alasan mengapa kita belajar ilmu ekonomi?2. Jelaskan bahwa kelangkaan (scarcity) sebagai dasar dari masalah kegiatan ekonomi dan jelaskan penyebab kelangkaan tersebut?
3. Jelaskan mengapa ada permintaan dan penawaran ?
4. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran barang ?
5. Jelaskan terjadinya perubahan permintaan barang akibat terjadinya kenaikan pendapatan, faktor lain ceteris paribus. Lengkapi jawaban saudara dengan kurva ?
6. Jelaskan terjadinya perubahan penawaran barang akibat terjadinya penurunan biaya produksi, faktor lain ceteris paribus. Lengkapi jawaban saudara dengan kurva
7. Jelaskan terjadinya perubahan keseimbangan pasar bilamana harga tetap tetapi pendapatan turun. Lengkapi jawaban saudara dengan kurva ?
8. Jelaskan yang dimaksud dengan elatisitas busur dan elastisitas titik tersebut pada permintaan. Lengkapi jawaban dengan gambar kurva ?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa sosial dan bersifat teliti serta ekonomis. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak.

2. kelangkaan (scarcity) dalam pengertian ekonomi adalah kesenjangan antara sumber daya ekonomi yang terbatas dengan jumlah kebutuhan hidup yang tidak terbatas. Kelangkaan timbul karena kebutuhan manusia terus bertambah. Akibatnya, sumber daya yang ada tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

3. permintaan yakni keinginan yang disertai kemampuan untuk membeli barang dan jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu. Harga pasar terbentuk dari bertemunya permintan dan penawaran.

4. 1. Harga barang itu sendiri

2. Harga barang lain yang terkait

3. Tingkat Pendapatan

4. Selera Masyarakat

5. Jumlah Penduduk

6. Prediksi Konsumen tentang Kondisi pada Masa Mendatang.

5.Faktor harga menyebabkan pergerakan sepanjang kurva permintaan dan penawaran. Faktor selain harga menyebabkan terjadinya pergeseran kurva permintaan dan penawaran. Gerakan sepanjang kurva permintaan berlaku apabila harga barang yang diminta berubah menjadi naik atau turun.

6.Pergerakan kurva penawaran dapat disebabkan oleh faktor seperti ceteris paribus (harga barang itu sendiri), tingkat pendapatan, dan lainnya.

7.Karena jika harga ada di bawah harga keseimbangan, maka akan terjadi kelebihan permintaan, karena permintaan akan meningkat akibat harga yang rendah, dan kemudian penawaran menurun.

8.Point elasticity atau elastisitas titik adalah elastisitas harga permintaan yang diukur pada satu titik kurva permintaan. Ini berbeda dengan elastisitas busur, yang mana mengukur elastisitas di titik tengah antara dua titik yang dipilih dari kurva permintaan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh elqrinkz dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 30 Dec 22