jelaskan cara kerja perusahaan perseroan ​

Berikut ini adalah pertanyaan dari yisma488 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan cara kerja perusahaan perseroan ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Pendirian perusahaan perseroan

Pendirian perusahaan perseroan dilakukan dengan membuat akta pendirian, yang di dalamnya tercantum perihal identitas para pendiri, jumlah saham yang dikeluarkan, besaran nilai nominal setiap saham, serta sejumlah hal lainnya yang berkaitan dengan struktur dan tata kelola perusahaan.

2. Memperoleh modal dari pemegang saham

Setiap pemegang saham akan memperoleh bagian modal yang diinvestasikan dalam bentuk saham. Modal yang diperoleh kemudian akan digunakan untuk membiayai operasional perusahaan dan memperoleh keuntungan.

3. Menentukan pengurus perusahaan

Pengurus perusahaan ditentukan oleh para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan bertanggung jawab atas pengelolaan perusahaan. Pengurus perusahaan diwajibkan untuk menyampaikan laporan keuangan dan kinerja perusahaan secara periodik kepada para pemegang saham.

4. Membagikan keuntungan

Keuntungan yang diperoleh dari operasional perusahaan akan dibagikan kepada para pemegang saham. Besaran keuntungan yang didapatkan bergantung pada besarnya jumlah saham yang dimiliki oleh masing-masing pemegang saham.

5. Penyelesaian hutang

Perusahaan perseroan juga memiliki kewajiban untuk membayar hutang kepada para kreditur. Kewajiban ini dijamin oleh modal perusahaan dan para pemegang saham.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh lawhunika45 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 28 May 23