dampak dari pandemi covid 19 pd komponen biaya tetap/fixed cost

Berikut ini adalah pertanyaan dari puputttt97 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

dampak dari pandemi covid 19 pd komponen biaya tetap/fixed cost maupun biaya variabel/variabel cost dalam perusahaan?dampak negatif dan postif nya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pandemi COVID-19 dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap komponen biaya tetap (fixed cost) dan biaya variabel (variable cost) dalam perusahaan. Berikut ini adalah beberapa dampak yang dapat ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 tersebut:

Dampak negatif terhadap biaya tetap

Pandemi COVID-19 dapat menyebabkan penurunan permintaan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan pendapatan perusahaan, sehingga perusahaan mungkin harus mengurangi pengeluaran untuk biaya tetap seperti sewa tempat usaha, biaya listrik, air, dan gas.

Dampak negatif terhadap biaya variabel

Pandemi COVID-19 juga dapat menyebabkan penurunan harga bahan baku dan tenaga kerja yang digunakan oleh perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan biaya variabel perusahaan, tetapi juga dapat mengakibatkan penurunan pendapatan perusahaan.

Dampak positif terhadap biaya tetap

Dalam beberapa kasus, pandemi COVID-19 dapat mengakibatkan penurunan harga sewa tempat usaha atau biaya listrik, air, dan gas yang dibayarkan oleh perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan biaya tetap perusahaan, sehingga perusahaan dapat menghemat pengeluaran dan meningkatkan profitabilitasnya.

Dampak positif terhadap biaya variabel

Pandemi COVID-19 juga dapat mengakibatkan penurunan harga bahan baku dan tenaga kerja yang digunakan oleh perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan biaya variabel perusahaan, sehingga perusahaan dapat menghemat pengeluaran dan meningkatkan profitabilitasnya.

Secara keseluruhan, dampak pandemi COVID-19 terhadap komponen biaya tetap dan biaya variabel dalam perusahaan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti jenis perusahaan, sektor industri, dan kondisi pasar. Namun, secara umum pandemi COVID-19 dapat menimbulkan dampak negatif maupun positif terhadap kedua komponen biaya tersebut.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mrharjulianto dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 09 Mar 23