Suatu negara dikatakan mengalami defisit perdagangan jika nilai ekspor lebih

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Suatu negara dikatakan mengalami defisit perdagangan jika nilai ekspor lebih kecil dari pada impor, serta negara dikatakan mengalami surplus perdagangan jika nilai ekspor lebih besar daripada impor. Adapun kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam rangka mendorong ekspor, antara lain : 1). Diversifikasi ekspor, 2) Subsidi dan premi ekspor, 3) Pengendalian harga didalam negeri, 4)Devaluasi, 5) Perjanjian Internasional, sedangkan kebijakan pemerintah dalam pengendalian Impor adalah 1)Pengaturan bea masuk, 2)Devaluasi, 3)Pembatasan Impor, 4) Pengendalian devisa, 5) Subtitusi ImporMelalui kementerian perdagangan pemerintah meningkatkan kualitas system regulasi terutama perdagangan internasional. Karena regulasi yang baik akan terus dikembangkan dalam berbagai perjanjian dan kerjasama perdagangan internasional.

Pertanyaannya : Jika kita lihat dari salah satu kebijakan pemerintah dalam mendorong ekspor adalah perjanjian international dan kebijakan pengurangan impor salah satunya adalah pengaturan bea masuk, maka coba jelaskan seberapa besar efektivitas atas regulasi yang dibuat kementerian perdagangan dalam mendapatkan kepercayaan negara lain yang melakukan hubungan perdagangan dengan Indonesia, jika dilihat kebijakan ekspor dan impor, dan berikan contohnya.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

Untuk mengevaluasi efektivitas regulasi yang dibuat oleh kementerian perdagangan dalam mendapatkan kepercayaan negara lain yang melakukan hubungan perdagangan dengan Indonesia, perlu memperhatikan beberapa hal, seperti kualitas regulasi yang dibuat, serta bagaimana regulasi tersebut diterapkan dan dijalankan.

Salah satu kebijakan yang dapat mempengaruhi kepercayaan negara lain terhadap Indonesia adalah perjanjian internasional yang dibuat oleh kementerian perdagangan. Perjanjian internasional yang terstruktur dengan baik, dan dijalankan dengan transparan, akan dapat meningkatkan kepercayaan negara lain terhadap Indonesia sebagai mitra dagang yang dapat diandalkan. Dengan adanya kepercayaan tersebut, maka negara lain akan lebih tertarik untuk melakukan perdagangan dengan Indonesia, sehingga dapat meningkatkan ekspor Indonesia.

Selain itu, kebijakan pengaturan bea masuk yang dilakukan oleh pemerintah juga dapat mempengaruhi kepercayaan negara lain terhadap Indonesia. Bea masuk yang ditetapkan secara proporsional dan tidak diskriminatif akan membuat negara lain merasa adil dan tidak dirugikan dalam berdagang dengan Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan terhadap Indonesia sebagai mitra dagang yang dapat diandalkan, sehingga dapat meningkatkan ekspor Indonesia.

Sebagai contoh, Indonesia telah membuat perjanjian perdagangan bebas dengan beberapa negara di kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Perjanjian tersebut mempermudah akses pasar bagi produsen Indonesia untuk mengekspor produk ke negara-negara tersebut, serta mempermudah akses pasar bagi produsen negara-negara tersebut untuk mengekspor produk ke Indonesia. Dengan demikian, perjanjian tersebut dapat meningkatkan kepercayaan negara-negara tersebut terhadap Indonesia sebagai mitra dagang yang dapat diandalkan, sehingga dapat meningkatkan ekspor Indonesia.

jangan lupa untuk klik jawaban tercerdas yaa!

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sugiartoalexscd dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 09 Mar 23