jika diketahui harga awal barang X senilai 500 per unit

Berikut ini adalah pertanyaan dari cellyanindhiniya pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

jika diketahui harga awal barang X senilai 500 per unit dengan kuantitas yang ditawarkan sejumlah 20 pcs kemudian terdapat perubahan harga menjadi sebesar 1000 per unit dengan kuantitas penawaran sebesar 20 pcs dari data tersebut hitunglah koefisien elastisitasnya​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Untuk menghitung koefisien elastisitas permintaan suatu barang, kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

Koefisien elastisitas permintaan = (Perubahan kuantitas permintaan / Kuantitas permintaan awal) / (Perubahan harga / Harga awal)

Berdasarkan data yang diberikan, perubahan kuantitas permintaan barang X adalah 0 (karena kuantitas penawaran tetap sama sebelum dan sesudah perubahan harga), kuantitas permintaan awal adalah 20 unit, perubahan harga adalah 1000 - 500 = 500 per unit, dan harga awal adalah 500 per unit. Dengan menggunakan rumus di atas, koefisien elastisitas permintaan barang X dapat dihitung sebagai berikut:

Koefisien elastisitas permintaan = (0 / 20) / (500 / 500) = 0 / 1 = 0

Berdasarkan hasil perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa koefisien elastisitas permintaan barang X adalah 0. Ini berarti bahwa perubahan harga tidak mempengaruhi kuantitas permintaan barang X. Hal ini mungkin terjadi karena adanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi permintaan barang X selain harga, seperti tingkat pendapatan, harga barang substitusi atau barang komplementer, dan preferensi konsumen.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh byxsw dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 11 Mar 23