Pak prima seorang penjual ayam potong di pasar pada awal

Berikut ini adalah pertanyaan dari rismawatiisz4097 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pak prima seorang penjual ayam potong di pasar pada awal 2021 harga ayam mengalami kenaikan apa upaya yang dilakukan pak prima agar usahanya memperoleh untung dan kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pak Prima merupakan seorang produsen, jika terjadi perubahan harga maka terjadi hukum penawaran. Upaya yang dapat dilakukan oleh Pak Prima yaitu menjual lebih banyak agar bisa memperoleh untung atau menaikkan jumlah penawaran.

Pembahasan

Ilmu ekonomi sebenarnya didasarkan pada 3 (tiga) konsep penting. Tiga (3) konsep penting tersebut diantaranya adalah sebagai berikut yaitu Kelangkaan (scarcity), Pilihan (choice), dan Pengambilan Keputusan (decision making).

  • Konsep Kelangkaan (Scarcity)

Kelangkaan (Scarcity) adalah kesenjangan antara sumber daya ekonomi yang terbatas dengan jumlah kebutuhan hidup yang tidak terbatas. Kelangkaan timbul dikarenakan kebutuhan manusia itu terus bertambah. Akibatnya, sumber daya yang ada tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup menjadi penyebab terjadinya kelangkaan atau scarcity.

  • Konsep Pilihan (Choice)

Pilihan dalam konsep ekonomi adalah keputusan sadar untuk menggunakan sumber daya yang langka dengan cara tertentu. Kita harus memutuskan untuk memilih dan menentukan berapa banyak barang yang akan dibeli.

  • Konsep Pengambilan Keputusan (decision making).

Pengambilan keputusan (Desicion Making) adalah melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif. Sebelum pilihan dijatuhkan, ada beberapa tahap yang mungkin akan dilalui oleh pembuat keputusan.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi Konsep Ekonomi pada link berikut ini

yomemimo.com/tugas/20358741

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 02 Jan 23