Pada prinsip Ekonomi, terdapat pernyataan “perdagangan menguntungkan semua pihak jika

Berikut ini adalah pertanyaan dari darasurya150617 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pada prinsip Ekonomi, terdapat pernyataan “perdagangan menguntungkan semua pihak jika saling melakukan spesialisasi”. Pertanyaannya, apakah yang dimaksud dengan spesialisasi perdagangan ? dan berikan contoh kasusnya di dalam kehidupan sehari-hari​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Spesialisasi perdagangan adalah proses di mana sebuah negara atau wilayah mengkhususkan produksi dan ekspor barang atau jasa tertentu, sementara membeli barang atau jasa lainnya dari negara lain. Dengan demikian, setiap negara atau wilayah menjadi lebih unggul dalam produksi barang atau jasa tertentu, dan mengimpor barang atau jasa yang lainnya dari negara lain. Spesialisasi perdagangan ini didasarkan pada prinsip bahwa setiap negara atau wilayah memiliki keunggulan absolut atau relatif dalam produksi tertentu, yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti sumber daya yang tersedia, teknologi, kondisi geografis, dan lainnya.

Contoh kasus spesialisasi perdagangan dalam kehidupan sehari-hari adalah Indonesia yang mengkhususkan produksi dan ekspor kopi, sementara membeli barang lain seperti teknologi elektronik dari negara lain, seperti Jepang atau Korea Selatan. Demikian juga, Jepang dan Korea Selatan mungkin mengkhususkan produksi dan ekspor teknologi elektronik, sementara membeli komoditas pertanian seperti gula atau bahan baku industri dari negara lain, seperti Brazil atau Indonesia.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alfiawan4e dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 20 Mar 23