sumber sumber penerimaan negara ada beberapa macam .uraikan ysng termasuk

Berikut ini adalah pertanyaan dari nursoimahsoimah678 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

sumber sumber penerimaan negara ada beberapa macam .uraikan ysng termasuk penerimaan negara bukan pajak?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Penerimaan negara bukan pajak:

1. Pendapatan dari sumber daya alam: Negara dapat memperoleh penerimaan dari ekspor sumber daya alam seperti minyak, gas, batu bara, dan hasil tambang lainnya.

2. Pendapatan dari badan usaha milik negara (BUMN): Negara memperoleh penerimaan dari laba BUMN yang dimiliki oleh negara, seperti PT Telkom Indonesia, PT Pertamina, dan PT PLN.

3. Pendapatan dari bunga dan dividen: Negara dapat memperoleh penerimaan dari investasi yang dilakukan pada berbagai bentuk surat berharga, seperti obligasi dan saham.

4. Pendapatan dari retribusi: Negara memperoleh penerimaan dari jasa layanan publik seperti penggunaan jalan tol, pelabuhan, bandara, dan pasar.

5. Pendapatan dari hasil lelang: Negara dapat memperoleh penerimaan dari hasil lelang barang milik negara, seperti lelang mobil bekas atau lelang barang rampasan.

6. Pendapatan dari denda dan sanksi administratif: Negara dapat memperoleh penerimaan dari denda atau sanksi administratif yang dikenakan pada pelanggaran hukum atau aturan-aturan tertentu.

7. Pendapatan dari sumbangan: Negara dapat memperoleh penerimaan dari sumbangan yang diberikan oleh pihak-pihak tertentu, baik individu maupun korporasi, dalam bentuk uang atau barang.

Buat jawaban terbaik yahh

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mishel0025 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 09 Jul 23