Jelaskan keterbatasan dalam menghasilkan laporan keuangan sektor publik yang berkualitas

Berikut ini adalah pertanyaan dari Panaran171 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan keterbatasan dalam menghasilkan laporan keuangan sektor publik yang berkualitas !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

untuk menghasilkan laporan yang dapat diandalkan terdapat beberapa hambatan yaitu: Objektivitas,Konsistensi,Daya banding, Tepat waktu,Ekonomis dalam penyajian laporan,Materialitas, Objektivitas.

PEMBAHASAN :

laporan keuangan sektor publik memiliki beberapa keterbatasan .Keterbatasan yang dimiliki laporan keuangan, antara lain:

  1. Bersifat historis karena laporan keuangan menunjukkan transaksi dan peristiwa yang telah lampau.
  2. Bersifat umum Baik dari sisi informasi maupun manfaat bagi pihak pengguna.
  3. Tidak luput dari penggunaan berbagai timbangan dan taksiran
  4. Hanya melaporkan informasi bersifat material
  5. Bersifat konservatif dalam menghadapi ketidakpastian.Apabila terdapat beberapa kemungkinan yang tidak pasti mengenai penilaian suatu pos, maka dipilih alternative yang menghasilkan laba bersih atau nilai asset yang paling kecil.
  6. lebih menekankan pada penyajian transaksi dan peristiwa sesuai dengan substansi dan realitas ekonomi dan bukan hanya bentuk hukumnya (formalitas).
  7. Adanya berbagai alternative metode akuntansi yang dapat digunakan sehingga menimbulkan variasi dalam pengukuran sumber daya ekonomis dan tingkat kesuksesan antar bank.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ayliyacute dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 25 Apr 22