keseimbangan pasar untuk produk minyak goreng terjadi ketika Pe=1500 dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari nengputri41194 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Keseimbangan pasar untuk produk minyak goreng terjadi ketika Pe=1500 dan Qe=200,apa yang terjadi ketika pemerintah menetapkan kebijakan pendapatan harga :a. 1000 untuk price ceiling
b. 1000 untuk price floor
c. 2000 untuk price floor​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. Price Ceiling 1000 akan menyebabkan penawaran (Qs) melebihi permintaan (Qd). Ini akan menyebabkan terbentuknya surplus minyak goreng sebesar 400 (Qs - Qd). Selain itu, harga yang ditetapkan di bawah harga pasar akan menghalangi produsen dari menjual produk mereka dan menghambat produksi.

b. Price Floor 1000 akan menyebabkan permintaan (Qd) melebihi penawaran (Qs). Ini akan menyebabkan terbentuknya kekurangan minyak goreng sebesar 300 (Qd - Qs). Selain itu, harga yang ditetapkan di atas harga pasar akan menimbulkan peningkatan permintaan yang berlebihan namun produksi tidak dapat meningkat untuk memenuhi permintaan.

c. Price Floor 2000 akan menyebabkan permintaan (Qd) melebihi penawaran (Qs). Ini akan menyebabkan terbentuknya kekurangan minyak goreng sebesar 1300 (Qd - Qs). Selain itu, harga yang ditetapkan di atas harga pasar akan menimbulkan permintaan yang berlebihan namun produksi tidak dapat meningkat untuk memenuhi permintaan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh agungboy615 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 14 Mar 23