1.Tunjukkan contoh penerapan ekonomi syariah di indonesia!2.Terangkan tujuan ekonomi islam!3.uraikan

Berikut ini adalah pertanyaan dari umroalhanif pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1.Tunjukkan contoh penerapan ekonomi syariah di indonesia!2.Terangkan tujuan ekonomi islam!
3.uraikan prinsip-prinsip ekonomi syariah!
4.analisislah karakteristik utama ekonomi syariah!
5.bagaimanakah perkembangan ekonomi syariah di indonesia?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Adanya penerapan dalam kegiatan ekonomi seperti Asuransi syariah, Perbankan syariah, pegadaian syariah, kafe syariah dll.

2. A. Kesejahteraan ekonomi dengan berpegang pada norma moral B. Persaudaraan dan Keadilan C. Kesetaraan disribusi pendapatan D.Kebebasan individu daam konteks kesejahteraan sosial.

3.

a. Keimanan

Dalam menerapkan ekonomi syariah seluruh unsur yang terlibat, termasuk pribadi maupun kelompok harus berpegang teguh pada aturan agama secara konsisten.

B. Bermanfaat

Makna kemaslahatan adalah seluruh aktivitas ekonomi harus mampu memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat banyak serta tercapainya peningkatan taraf hidup bersama.

C.Sumber Daya Manusia

Prinsip-prinsip Islam melarang keras perbuatan yang merugikan orang lain, misalnya tindak penipuan, kecurangan, dan sejenisnya. Inilah sebabnya dalam menjalankan laju perekonomian syariah setiap individu harus mencermati berbagai aspek agar tidak melanggar nilai-nilai syariah.

D.Harta

Setiap mukmin wajib mempunyai kesadaran bahwa sebanyak apapun harta yang dimiliki dan bagaimanapun wujudnya, sejatinya hanya titipan Allah SWT semata. Hanya dengan kehendak dan karunia-Nya harta tersebut diamanahkan kepada kita agar membawa manfaat bagi orang lain.

E.Adil

Semua orang yang menjadi bagian dari praktik perekonomian syariah wajib bersikap adil. Konsep keadilan yang dimaksud di sini adalah mampu menempatkan segala sesuatu sesuai dengan porsinya.

F. Persaudaraan

Persaudaraan adalah unsur penting yang tak terpisahkan dalam perekonomian berlandaskan prinsip islami, bahkan merupakan salah satu misinya. Inilah sebabnya bekerja sama sangat dianjurkan berkaitan dengan aktivitas ekonomi syariah.

G.Menurut kacamata agama, aktivitas ekonomi syariah juga merupakan salah satu bentuk ibadah dalam bidang muamalah. seluruh aktivitas perekonomian harus dengan memegang ajaran dan etika berdasarkan ketentuan syariah.

H.Melibatkan peranan pemerintah

Pemerintah dengan lembaga yang ditunjuknya berhak mengatur laju perekonomian negara, sehingga dalam menjalankan roda perekonomian islami tetap wajib melibatkan pemerintah.

I.Bebas dengan tetap bertanggung-jawab

Kebebasan menurut Islam (ushul fiqh) tetap berjalan beriringan dengan tanggung jawab yang tak hanya di dunia saja tetapi juga di akhirat nanti. Demikian pula dalam prinsip islami, kebebasan dalam menjalankan aktivitas perekonomian memang terbuka lebar namun tetap dengan batasan tanggung jawab.

Siapa pun di masa depan kelak akan dibebani pertanggungjawaban sesuai dengan perbuatan yang telah dilakukan.

J. Bekerjasama

Bekerja bersama-sama akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan yang berdampak pada bertambahnya harta dan keberkahan.

Seluruh kegiatan yang dikerjakan bersama dengan niat baik, tekad kuat, dan produktivitas yang besar diharapkan akan memberikan hasil yang luar biasa.

4. •Sebuah sistem Islam yang bersifat universal

•Kegiatan perekonomian bersifat pengabdian

•Kegiatan ekonomi islam memiliki cita-cita yang luhur

•Pengawasan yang sebenar-benarnya dilakukan dan ditetapkan dalam kegiatan ekonomi islam.

Ekonomi islam menciptakan keseimbangan antara kepentingan individu dan masyarakat. Tentunya melihat kondisi demikian, karakteristik tersendiri jika dibanding dengan ekonomi konvensional. Beberapa diantaranya yaitu ditegakkannya prinsip ekonomi ketuhanan yang menekankan bahwa segala bentuk materi bersumber dari Allah SWT.

5. Khusus untuk perkembangan ekonomi syariah, banyak capaian yang menakjubkan selama tahun 2021. Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia tahun 2021 berkembang pesat. Hal ini karena adanya dorongan pemerintah Indonesia yang melihat potensi mayoritas warganya yang sebagian besar merupakan warga muslim.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh muhammadtasrif17 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 08 Dec 22