Jelaskan hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran​bantu jawab

Berikut ini adalah pertanyaan dari rrsky pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran​
bantu jawab

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN :

1. Harga barang itu sendiri (Harga barang yang murah namun berkualitas umumnya akan mendatangkan banyak peminat, sehingga permintaan tinggi)

2. Harga barang lain (Apabila harga barang pengganti dan barang pelengkapnya turun, maka permintaan terhadap barang tersebut akan semakin berkurang. Namun, apabila harga barang pengganti dan barang pelengkapnya naik, maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat)

3. Tingkat pendapatan (Semakin tinggi tingkat pendapatan, maka semakin meningkat permintaan terhadap suatu barang tersebut.)

4. Selera masyarakat (Jika suatu produk sesuai dengan selera atau kebiasaan konsumen, maka permintaan terhadap suatu produk itu akan meningkat)

5. Jumlah penduduk (Semakin besar jumlah penduduk suatu daerah atau negara, maka akan semakin akan tinggi permintaan suatu barang dengan harga tertentu)

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN :

1. Biaya Produksi (Jika biaya produksi meningkat, maka harga barang akan menjadi tinggi. Akibatnya, barang yang ditawarkan jumlahnya hanya sedikit)

2. Waktu Produksi (Ketersediaan barang bergantung pada seberapa lama waktu produksi yang diperlukan)

3. Kemajuan Teknologi (Pemanfaatan teknologi dapat mempersingkat waktu produksi, meningkatkan kualitas produksi, meningkatkan kapasitas produksi, dan biaya produksi dapat ditekan)

4. Faktor Produsen (Banyaknya jumlah produsen yang memproduksi suatu barang, berbanding lurus dengan ketersediaan barang)

5. Ketersediaan Sumber Daya (Penawaran dapat terjadi jika ketersediaan barang mencukupi. Jika barang atau jasa yang ditawarkan terbatas, atau langka, hal ini berpotensi membuat harga naik. Kelangkaan barang atau jasa, berpengaruh langsung pada elastisitas penawaran)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh bilqysss1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 02 Jan 23