jJelaskan teori siklus bisnis dan faktor-faktor apa saja yang dapat

Berikut ini adalah pertanyaan dari bagussugab88 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

jJelaskan teori siklus bisnis dan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi fluktuasi ekonomi dalam suatu siklus bisnis.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi ekonomi dalam suatu siklus bisnis antara lain:

  1. Kebijakan moneter: Kebijakan moneter yang ketat dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi, sedangkan kebijakan moneter yang longgar dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi.
  2. Kebijakan fiskal: Kebijakan fiskal yang ketat dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi, sedangkan kebijakan fiskal yang longgar dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi.
  3. Perubahan teknologi: Perubahan teknologi dapat mempengaruhi produksi dan permintaan barang dan jasa, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.
  4. Perubahan harga komoditas: Perubahan harga komoditas dapat mempengaruhi produksi dan permintaan barang dan jasa, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.
  5. Perubahan kebijakan perdagangan: Perubahan kebijakan perdagangan dapat mempengaruhi produksi dan permintaan barang dan jasa, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.
  6. Perubahan kebijakan politik: Perubahan kebijakan politik dapat mempengaruhi kebijakan ekonomi, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Penjelasan:

Siklus bisnis adalah pola pergerakan yang menggambarkan kondisi ekonomi yang naik atau turun dalam jangka waktu tertentu. Siklus bisnis terdiri dari empat tahap, yaitu ekspansi, puncak, kontraksi, dan dasar.

Teori siklus bisnis yang umum digunakan adalah teori Keynesian dan teori Monetarisme. Teori Keynesian mengatakan bahwa pemerintah dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan fiskal, sedangkan teori Monetarisme mengatakan bahwa pemerintah dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan moneter.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh yoga2209078 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 22 Jul 23