Sistem keuangan adalah suatu jaringan pasar keuangan (financial market), institusi,

Berikut ini adalah pertanyaan dari arifridwannn95 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sistem keuangan adalah suatu jaringan pasar keuangan (financial market), institusi, sector usaha, rumah tangga, lembaga pemerintah yang merupakan peserta sekaligus memiliki wewenang mengatur operasi system keuangan tersebut. Fungsi pokok system keuangan adalah mentransfer dana-dana (loanable funds) dari penabung atau unit surplus kepada peminjam / unit defisit. Metode Transfer Dana Dalam Sistem Keuangan Metode pemindahan dana dari unit surplus ke unit defisit tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan 3 cara, Metode Pembiayaan Langsung (Direct Financing Method), Metode Pembiayaan Semi Langsung, Metode Pembiayaan tidak langsung (indirect financing method). Pertanyaan Jelaskan ke 3 Metode tersebut dan gambarkan bagan arus dana dalam sistem keuangan​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Metode pemindahan dana dalam sistem keuangan terdiri dari 3 cara antara lain:

  1. Metode pembiayaan langsung.
  2. Metode pembiayaan semi langsung
  3. Metode pembiayaan tidak langsung

Metode pembiayaan langsung melibatkan transaksi langsung antara penabung dan peminjam, sementara metode pembiayaan semi langsung melibatkan perantara seperti lembaga pembiayaan. Sedangkan metode pembiayaan tidak langsung melibatkan pasar keuangan dalam mengalirkan dana dari penabung ke peminjam.

Pembahasan

Sistem keuangan memiliki peran penting dalam mengalokasikan dana dari unit surplus ke unit defisit. Metode pemindahan dana dalam sistem keuangan terdiri dari tiga cara yaitu pembiayaan langsung, semi langsung dan tidak langsung.

Metode pembiayaan langsung melibatkan penabung dan peminjam langsung, sedangkan metode pembiayaan semi langsung melibatkan perantara seperti lembaga pembiayaan. Sementara itu metode pembiayaan tidak lamgsung melibatkan pasar keuangan sebagai perantara. Bagan arus dana dalam sistem keuangan mencerminkan transfr dana dari penabung ke peminjam melalui berbagai jenis pasar dan lembaga keuangan.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 27 Jul 23