3. Dalam pasar persaingan sempurna, fungsi permintaan ditunjukan oleh persamaan

Berikut ini adalah pertanyaan dari swanty487 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Dalam pasar persaingan sempurna, fungsi permintaan ditunjukan oleh persamaan P=10. Tentukan penerimaan total, penerimaan rata-rata dan penerimaan marginal ?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Dalam pasar persaingan sempurna, fungsi permintaan dapat dituliskan sebagai P = 10 - Q, di mana P adalah harga barang dan Q adalah jumlah barang yang ditawarkan. Jika kita ingin menghitung penerimaan total, penerimaan rata-rata, dan penerimaan marginal, kita perlu menggunakan jumlah barang yang terjual sebagai input.

Penerimaan total adalah total pendapatan yang diperoleh perusahaan dari penjualan barang. Persamaan penerimaan total adalah R = P * Q. Jika kita menggunakan fungsi permintaan yang diberikan, kita bisa menghitung penerimaan total sebagai berikut:

R = (10 - Q) * Q

= 10Q - Q^2

Penerimaan rata-rata adalah rata-rata pendapatan per unit barang yang dijual. Persamaan penerimaan rata-rata adalah AR = R / Q. Dengan menggunakan persamaan penerimaan total yang kita peroleh sebelumnya, kita bisa menghitung penerimaan rata-rata sebagai berikut:

AR = (10Q - Q^2) / Q

= 10 - Q

Penerimaan marginal adalah tambahan pendapatan yang diperoleh perusahaan dari penjualan satu unit barang tambahan. Persamaan penerimaan marginal adalah MR = ∆R / ∆Q. Dengan menggunakan persamaan penerimaan total, kita bisa menghitung penerimaan marginal sebagai berikut:

MR = ∆(10Q - Q^2) / ∆Q

= 10 - 2Q

Semoga membantu! Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan tanyakan.

Penjelasan:

jgn lupa follow kalau merasa terbantu ya kak

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dianjustin11 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 16 Mar 23