3. Deskripsikan proses terbentuknya harga keseimbangan!​

Berikut ini adalah pertanyaan dari riskimiftahur796 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Deskripsikan proses terbentuknya harga keseimbangan!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Proses terbentuknya harga keseimbangan melibatkan interaksi antara permintaan dan penawaran di pasar. Permintaan merupakan jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada harga tertentu, sedangkan penawaran merupakan jumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen pada harga tertentu.

Proses penurunan dan kenaikan harga akan terus berlangsung hingga tercapai harga keseimbangan, yaitu harga di mana jumlah barang atau jasa yang ditawarkan sama dengan jumlah barang atau jasa yang diminta oleh konsumen

Ketika harga suatu barang atau jasa di pasar belum mencapai keseimbangan, maka akan terjadi kelebihan penawaran atau kelebihan permintaan. Kelebihan penawaran terjadi jika jumlah barang atau jasa yang ditawarkan lebih besar dari jumlah barang atau jasa yang dibeli oleh konsumen. Sementara kelebihan permintaan terjadi jika jumlah barang atau jasa yang dibeli oleh konsumen lebih besar dari jumlah barang atau jasa yang ditawarkan.

Jika terjadi kelebihan penawaran, maka produsen akan bersaing untuk menarik konsumen dengan menurunkan harga barang atau jasa yang ditawarkan. Hal ini akan menyebabkan harga turun sehingga jumlah barang atau jasa yang diminta akan meningkat. Jika terjadi kelebihan permintaan, maka konsumen akan bersaing untuk mendapatkan barang atau jasa dengan menawar harga yang lebih tinggi. Hal ini akan menyebabkan harga naik sehingga jumlah barang atau jasa yang ditawarkan akan meningkat.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh recordermeet dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 09 Jun 23