Tuan Arfin ingin berinvesti pada pasar modal dan perlu mempertimbangkan

Berikut ini adalah pertanyaan dari dzakiehaikal pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tuan Arfin ingin berinvesti pada pasar modal dan perlu mempertimbangkan semua kemungkinan pada saat kondisi ekonomi sedang baik dan buruk. Diketahui bahwa pada saat kondisi ekonomi sedang BAIK, SAHAM akan bernilai sebesar $110.000, OBLIGASI sebesar $90.000 dan DEPOSITO sebesar $80.000. Sedangkan pada saat ekonomi dalam kondisi BURUK, SAHAM akan bernilai $80.000, OBLIGASI akan bernilai $50.000 dan DEPOSITO akan bernilai $60.000. Tentukanlah keputusan yang harus Tuan Arfin ambil berdasarkan kriteria MAXIMAX, MAXIMIN dan MINIMAX REGRET

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Untuk mempertimbangkan keputusan yang harus diambil oleh Tuan Arfin dalam berinvestasi pada pasar modal, kita dapat menerapkan kriteria MAXIMAX, MAXIMIN, dan MINIMAX REGRET. Berikut adalah hasil analisisnya:

Kriteria MAXIMAX: Pada kriteria ini, Tuan Arfin harus memilih alternatif yang memberikan keuntungan terbesar pada saat kondisi ekonomi sedang baik. Dari data di atas, dapat diketahui bahwa saat kondisi ekonomi sedang baik, alternatif saham memberikan keuntungan terbesar yaitu $110.000. Maka, keputusan yang harus diambil oleh Tuan Arfin adalah berinvestasi pada saham.

Kriteria MAXIMIN: Pada kriteria ini, Tuan Arfin harus memilih alternatif yang memberikan keuntungan terbesar pada saat kondisi ekonomi sedang buruk. Dari data di atas, dapat diketahui bahwa saat kondisi ekonomi sedang buruk, alternatif deposito memberikan keuntungan terbesar yaitu $60.000. Maka, keputusan yang harus diambil oleh Tuan Arfin adalah berinvestasi pada deposito.

Kriteria MINIMAX REGRET: Pada kriteria ini, Tuan Arfin harus memilih alternatif yang memberikan kerugian terkecil pada saat kondisi ekonomi sedang buruk dibandingkan dengan keuntungan terbesar pada saat kondisi ekonomi sedang baik. Dari data di atas, dapat diketahui bahwa saat kondisi ekonomi sedang buruk, alternatif saham memberikan kerugian terkecil yaitu $30.000 (110.000 - 80.000). Maka, keputusan yang harus diambil oleh Tuan Arfin adalah berinvestasi pada saham.

Jadi, keputusan yang harus diambil oleh Tuan Arfin dalam berinvestasi pada pasar modal tergantung pada kriteria yang digunakan. Jika menggunakan kriteria MAXIMAX, maka Tuan Arfin harus berinvestasi pada saham. Jika menggunakan kriteria MAXIMIN, maka Tuan Arfin harus berinvestasi pada deposito. Jika menggunakan kriteria MINIMAX REGRET, maka Tuan Arfin harus berinvestasi pada saham.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dimasanugrah9jp0b40r dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 27 Mar 23