Produktivitas (productivity) pertama kali dijelaskan oleh teori siapa? Bagaimana dimensi/indikatornya? Adakah

Berikut ini adalah pertanyaan dari rizqyZicB pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Produktivitas (productivity) pertama kali dijelaskan oleh teori siapa?Bagaimana dimensi/indikatornya? Adakah perubahan dimensi dan indicator dari dulu sampai sekarang? Uraikanlah?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Teori produktivitas pertama kali dijelaskan oleh Adam Smith, yang berpendapat bahwa produktivitas adalah aktivitas yang menghasilkan barang dan jasa yang meningkatkan daya beli masyarakat. Dimensi atau indikator produktivitas yang digunakan oleh Adam Smith adalah efisiensi, kecepatan, kualitas dan kuantitas.

Selama bertahun-tahun, dimensi dan indikator produktivitas telah berkembang. Misalnya, beberapa peneliti telah berkonsentrasi pada pengukuran produktivitas melalui penggunaan sumber daya dan teknologi. Beberapa indikator produktivitas yang dikembangkan sejak itu, di antaranya adalah kapasitas produksi, jumlah produksi per unit sumber daya, dan tingkat kerusakan produksi. Pada tahun 1950-an, peneliti mulai mengkaji produktivitas menggunakan pendekatan seperti konsep kinerja, dan mulai menggunakan indikator seperti tingkat kecepatan, tingkat kualitas, dan tingkat efisiensi.

Selain itu, beberapa indikator produktivitas lainnya yang berkembang sejak tahun 1980-an termasuk teknologi informasi, keselamatan kerja, komitmen organisasi, dan budaya kerja. Indikator produktivitas terkini juga termasuk manajemen terpadu, produktivitas karyawan, dan produktivitas organisasi.

Oleh karena itu, dimensi dan indikator produktivitas telah mengalami perubahan sejak dikemukakan oleh Adam Smith. Indikator produktivitas yang digunakan saat ini lebih luas dan kompleks dibandingkan dengan yang digunakan pada masa lalu.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh agungboy615 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 12 Mar 23