5. Diketahui besarnya konsumsi masyarakat: 90 + 0,75Yd dan investasi sebesar

Berikut ini adalah pertanyaan dari imammusfadillah24 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

5. Diketahui besarnya konsumsi masyarakat: 90 + 0,75Yd dan investasi sebesar 70 – 150i, sedangkan besarnya penawaran uang adalah 90 dengan permintaan uang untuk transaksi sebesar 0,2Y, berjaga-jaga sebesar 0,3Y dan uang untuk spekulasi: 50 – 250i.Dari data diatas, maka:



a. Bagaimanakah persamaan keseimbangan pasar barang (IS) dan pasar uang (LM)?

b. Berapakah besarnya pendapatan dan tingkat suku bunga keseimbangan?

c. Gambarkan grafik keseimbangan pasar barang dan pasar uang!


Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Persamaan keseimbangan pasar barang (IS) dapat ditentukan dengan menggabungkan persamaan konsumsi dan investasi, yaitu:

Y = 90 + 0,75Yd - 150i

Persamaan keseimbangan pasar uang (LM) dapat ditentukan dengan menggabungkan persamaan penawaran uang, permintaan uang transaksi, permintaan uang berjaga-jaga, dan permintaan uang spekulasi, yaitu:

90 = 0,2Y + 0,3Y + 250i + 50

b. Untuk menentukan besarnya pendapatan dan tingkat suku bunga keseimbangan, perlu menyelesaikan persamaan IS dan LM secara simultan.

c. Untuk menggambarkan grafik keseimbangan pasar barang dan pasar uang, perlu menggambarkan garis IS dan LM pada sebuah grafik dengan sumbu horizontal sebagai tingkat pendapatan dan sumbu vertikal sebagai tingkat suku bunga. Titik keseimbangan akan terjadi pada titik persilangan antara garis IS dan LM.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh juniordany96 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 26 Apr 23