bagaimana konsep kapabilitas untuk berfungsi atau kapabilitas atau function dapat

Berikut ini adalah pertanyaan dari nuri031002 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

bagaimana konsep kapabilitas untuk berfungsi atau kapabilitas atau function dapat membantu kita memperoleh pemahaman tentang tujuan pembangunan dan pencapaiannya​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

itu, sangat diharapkan agar berbagai program pembangunan yang dirancang dan dilaksanakan pemerintah di suatu negara selalu memposisikan manusia sebagai subyek pembangunan.

Hal tersebut mengandung pengertian bahwa manusia diberi keluasan ruang kebebasan untuk mengelola kemampuan atau kompetensi yang dimilikinya dalam kerangka peningkatan kesejahteraan hidupnya, baik kesejahteraan hidup yang bersifat jasmaniah maupun rohaniah.

Semua itu berimplikasi, bahwa pembangunan yang dirancang dan dilaksanakan mesti berpusat pada manusia dengan selalu memposisikan manusia sebagai tujuan utama melalui perluasan ruang kebebasaan bagi manusia untuk memanfaatkan dan memberdayakan secara maksimal kemampuan yang dimilikinya. Akan tetapi, berbagai kenyataan menunjukkan bahwa sebagian besar pembangunan yang dirancang dan dilaksanakan pemerintah di suatu negara cenderung memposisikan manusia bukan sebagai subyek pembangunan tetapi sebagai obyek. Manusia yang sedianya menjadi tujuan pembangunan hanya mengemban peran sebagai sarana pembangunan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sujana6987 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 04 Jun 23