Proses perubahan yang dialami masyarakat dalam sistem ekonomi dari yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari alvinsinaga9660 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Proses perubahan yang dialami masyarakat dalam sistem ekonomi dari yang belum mengenal sistem jual beli sampai sekarang​.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sebelum mengenal sistem jual beli seperti saat ini, masyarakat melakukan kegiatan perekonomian dengan barter atau menukar barang. Namun karena dirasakan tidak praktis harus membawa barang yg ingin ditransaksikan kemana mana, lalu datanglah bankir pedagang yang menawarkan solusi untuk menukar barang-barang yang ingin ditransaksikan dengan emas, perak, dan tembaga. Masyarakat kemudian menggunakan emas, perak dan tembaga sebagai alat untuk menentukan nilai bertransaksi. Pada masa ini, banyak terjadi perampokan emas dll sehingga datang kembali bankir emas yg menawarkan solusi untuk memberikan tempat penyimpanan emas. Setiap penyimpanan emas, akan diberikan kertas utang yg disebut i owe u atau iou. Kertas utang tersebut kemudian seiring berjalannya waktu menjadi uang yang kita gunakan saat ini. Sistem jual beli pada masa kini semakin maju, banyak uang digital yang lebih mempermudah transaksi jual beli yang tentu akan semakin mempermudah perekonomian masyarakat.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh pengembarasepi dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 23 Oct 22