1. Jelaskan dan beri contoh penerapannya : a. Berubahnya permintaan

Berikut ini adalah pertanyaan dari dhysetiiawan22 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskan dan beri contoh penerapannya :a. Berubahnya permintaan yang ditunjukkan oleh bergesernya/berpindahnya kurve permintaan ke kanan, hal ini disebabkan karena berubahnya salah satu faktor yang mepengaruhi pendapatan (Income).

b. Sifat hubungan yang langsung antara jumlah barang yang dijual dengan harganya ini dirumuskan menjadi “Hukum Penjualan”.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. Berubahnya permintaan yang ditunjukkan oleh bergesernya/berpindahnya kurve permintaan ke kanan, hal ini disebabkan karena berubahnya salah satu faktor yang mempengaruhi pendapatan (Income).

Kurva permintaan adalah grafik yang menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang diinginkan oleh konsumen dengan harga barang tersebut. Jika kurva permintaan bergeser ke kanan, ini menunjukkan bahwa jumlah barang yang diinginkan oleh konsumen meningkat pada harga yang sama. Hal ini dapat disebabkan oleh perubahan salah satu faktor yang mempengaruhi pendapatan, seperti peningkatan pendapatan konsumen atau penurunan harga barang substitusi.

Contoh: Jika pendapatan konsumen meningkat, maka konsumen mungkin akan lebih memilih untuk membeli barang-barang yang lebih mahal atau lebih banyak barang pada harga yang sama. Sehingga, kurva permintaan untuk barang tersebut akan bergeser ke kanan.

b. Sifat hubungan yang langsung antara jumlah barang yang dijual dengan harganya ini dirumuskan menjadi “Hukum Penjualan”.

Hukum Penjualan adalah prinsip ekonomi yang menyatakan bahwa semakin banyak barang yang dijual, semakin rendah harga barang tersebut. Sebaliknya, semakin sedikit barang yang dijual, semakin tinggi harga barang tersebut. Ini disebabkan karena konsumen lebih cenderung membeli barang yang harganya lebih rendah, sedangkan produsen lebih cenderung menjual barang yang harganya lebih tinggi.

Contoh: Jika produsen memproduksi banyak barang, maka produsen mungkin akan menurunkan harga barang tersebut untuk meningkatkan jumlah barang yang terjual. Sebaliknya, jika produsen memproduksi sedikit barang, maka produsen mungkin akan menaikkan harga barang tersebut untuk meningkatkan keuntungan yang diperoleh.

Penjelasan:

semoga membantu mhank

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mrezafahlevi995 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 17 Mar 23