Pada tanggal 11 Maret 2020, PT. Tandan menjual barang dagangan

Berikut ini adalah pertanyaan dari balalalalal pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pada tanggal 11 Maret 2020, PT. Tandan menjual barang dagangan seharga Rp600.000.000 kepada PT. Nila. Apabila total pembelian dalam satu semester sampai dengan 30 Juni 2020 mencapai Rp2.000.000.000, maka PT. Tandan akan memberikan diskon sebesar 5%. Berdasarkan data dua semester sebelumnya, pembelian PT. Nila per semester mencapai Rp2.500.000.000. Bagaimana jurnal yang dibuat oleh PT. Pandan pada tanggal 11 Maret 2020. Jawablah dengan menggunakan argumentasi. Lihat juga PSAK No. 72 sebagai panduan par. 50 dan 51.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Karena berdasarkan data historis (pengalaman), total pembelian PT Nila per semester dapat melebihan Rp. 2M dan jika PT Tanda selaku penjual yakin bahwa pada semester ini pun total pembelian PT Nila dapat melebihan Rp. 2M sehingga memenuhi syarat dan ketentuan untuk mendapatkan diskon 5%, maka PT Tandan boleh saja mencatat setiap pembelian yang dilakukan oleh PT Nila dalam satu semester sebesar jumlah nettonya (sudah dikurang diskon 5% disetiap transaksi pembelian)

Dalam kasus ini, untuk transaksi pembelian pada tgl 11 Maret 2020, PT Tandan dapat mencatat:

(Dr) Account Receivable Rp. 570jt

(Cr) Sales Revenue Rp. 570jt (600jt x 95%) ⇒ langsung dikurang diskon 5%

Terkait apakah nantinya PT nila berhasil memenuhi S&K untuk mendapat diskon 5% (total pembelian > 2M) atau tidak berhasil akan di treatment belakangan (setelah satu semester).

Jika ternyata PT nila tidak berhasil memenuhi S&K maka perlu dimunculkan akun "sales discount forfeited" saat menerima pembayaran dari PT nila. Namun jika ternyata PT nila berhasil memenuhi S&K maka tinggal menjurnal Cash (Dr) pada AR (Cr) saja pada saat menerima pembayaran dari PT nila.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh liaaajaasii dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 22 Aug 22