Koperasi produsen Segar didirikan untuk meningkatkan taraf hidup anggotanya, yaitu

Berikut ini adalah pertanyaan dari volitagandhini pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Koperasi produsen Segar didirikan untuk meningkatkan taraf hidup anggotanya, yaitu para peternak susu sapi perah. Suatu ketika ada donatur yang memberikan bantuan beberapa ekor sapi perah kepada anggota koperasi dengan syarat melaksanakan kepentingan pihak donatur. Analisislah tindakan tepat yang sebaiknya dilakukan anggota koperasi! ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Tindakan yang tepat yang dapat dilakukan oleh anggota koperasi adalah untuk mempertimbangkan dengan cermat syarat yang diberikan oleh donatur. Jika syarat tersebut dapat dijalankan tanpa merugikan kepentingan koperasi dan anggota, maka anggota dapat menerima bantuan sapi perah dari donatur tersebut. Namun, jika syarat tersebut merugikan kepentingan koperasi dan anggota, maka anggota seharusnya menolak bantuan tersebut.

Selain itu, anggota koperasi harus memastikan bahwa bantuan tersebut diperoleh secara sah dan jujur tanpa adanya unsur pungutan liar atau praktik korupsi. Hal ini dapat dilakukan dengan menghubungi pihak berwenang atau instansi yang terkait untuk memastikan legalitas dan keabsahan bantuan tersebut.

Selanjutnya, anggota juga harus memastikan bahwa pemeliharaan sapi perah tersebut dilakukan secara profesional dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Koperasi dapat menyediakan pelatihan serta membentuk tim atau kelompok tani yang bertanggung jawab terhadap pemeliharaan sapi perah tersebut.

Dengan tindakan yang tepat dan bijak, anggota koperasi dapat memanfaatkan bantuan seoptimal mungkin untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan anggotanya sebagai peternak susu sapi perah.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh iskahasan34 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 21 Aug 23